Creative Innovation Award 2017 Digelar

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menggelar Creative Innovation Award 2017 bertajuk Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan, diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (28/11).
Dika Irawan | 28 November 2017 17:53 WIB
Ilustrasi. - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mendukung Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (AMVESINDO) menggelar Creative Innovation Award 2017 bertajuk “Inovasi dan Kreativitas: Kunci Sukses dalam Mendapatkan Akses Permodalan”, diselenggarakan di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Acara ini adalah penghargaan untuk para pelaku usaha yang berhasil menjalankan inovasi dan kreativitas melalui pendampingan dari Perusahaan Modal Ventura (PMV) maupun bagi pengusaha rintisan (startup) yang berhasil memberikan dampak positif secara langsung kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui inovasinya.

Menurut Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Bank Indonesia, setidaknya terdapat 56,64 juta UMKM pada tahun 2015 dan mengalami peningkatan sebesar 3.1% berdasarkan data Kementrian Koperasi dan UMKM. Jumlah UMKM yang besar tentunya memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi di tanah air.

Di sisi lain, terdapat kecenderungan daya beli yang menurun di beberapa sektor hal ini merupakan indikasi yang harus diantisipasi oleh pelaku usaha untuk dapat bertahan dan sustainable dengan terus memberikan inovasi kepada konsumen. Adalah Ketua Amvesindo, Jefri R Sirait (Astra Ventura) yang menginisiasi acara ini sebagai ajang kompetisi inovasi yang berkelanjutan bagi lebih dari 1,5 juta pasangan usaha dan Startup untuk terus berprestasi sehingga berhasil meningkatkan kelas (phase) ataupun series mereka.

Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo mengatakan, Bekraf mendukung acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah terhadap kontribusi pelaku usaha ekonomi kreatif (ekraf) UMKM maupun startup.

"Survei khusus ekonomi kreatif oleh BPS tahun 2016 menunjukkan kontribusi ekraf tahun 2015 sebesar 7,38% dengan ekspor produk kreatif sebesar 19,36 Miliar USD dan penyerapan tenaga kerja 15,9 juta orang," ungkapnya dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari bekraf.go.id, Selasa (28/11/2017). .

Dengan penghargaan ini diharapkan para pelaku UMKM kreatif serta startup lebih termotivasi mengembangkan bisnis dan menjadi penunjang perekonomian nasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
inovasi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top