Kendaraan terjebak kemacetan imbas pengerjaan proyek pembangunan underpass Mampang-Kuningan di Jalan Mampang Prapatan Raya, Jakarta, Selasa (31/10)./ANTARA-Aprillio Akbar
Fashion

Lima Hal yang Bisa Kamu Dilakukan Jika Terjebak Macet

Ramdha Mawaddha
Kamis, 30 November 2017 - 14:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--  Long weekend sudah di depan mata. Untuk banyak warga Jakarta, waktu seperti ini digunakan untuk beristirahat di rumah dan menikmati jalanan kota yang cenderung lebih sepi dari biasanya.

Menurut riset yang dilakukan sistem transportasi online Uber, ternyata 84% pemilik mobil di Jakarta mengatakan bahwa hal yang paling menjengkelkan tentang memiliki mobil sewaktu terjebak macet.

Dari data tersebut, juga diketahui bahwa rata-rata pemilik mobil menghabiskan waktu sekitar 1 jam 8 menit setiap hari hanya terjebak macet dan 21-30 menit setiap hari untuk mencari parkir.

Apabila dijumlahkan, waktu terbuang tersebut setara dengan dengan 24 hari dalam setahun. Padahal, waktu sangat berharga dan waktu yang telah terbuang tidak akan kembali.

Lantas, apa  yang bisa kita lakukan dengan waktu yang selama ini dihabiskan hanya untuk terjebak macet? Berikut lima hal yang biasa anda lalukan sesuai dengan keterangan pers yang diterima bisnis, Kamis (30/11/2017).

1.Berolahraga

Saat ini, banyak warga Jakarta yang menggemari gaya hidup sehat, dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat dan juga berolahraga. Tetapi, banyak orang yang tidak berolahraga karena alasan “tidak ada waktu”. Bayangkan jika kamu tidak terjebak macet. Waktu tersebut bisa digunakan untuk berolahraga setiap hari.

2. Membaca buku

Membaca buku adalah cara yang sangat efektif untuk memperluas wawasan. Dengan membaca buku, kamu dapat memperluas pengetahuan dan melatih otak kamu. Tetapi, banyak orang yang masih kurang membaca buku, dan salah satu alasannya adalah tidak punya waktu untuk membaca. Jika Jakarta tidak macet, kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk membaca buku pilihan kamu.

3. Menonton acara TV kesukaan

Kamu pasti mempunyai acara TV kesukaan bukan? Acara TV rata-rata berdurasi satu jam, dan ceritanya pun terus berlanjut. kamu tentu akan kesulitan untuk mengikuti cerita dari acara TV tersebut jika ketinggalan satu episode. Jika kamu tidak terjebak macet, kamu dapat meluangkan waktu untuk menonton acara TV kesukaanmu setiap harinya.

4. Meluangkan waktu bersama keluarga

Dengan sibuknya pekerjaan, kamu mungkin kurang memiliki waktu untuk diluangkan bersama teman atau keluarga. kamu semakin jarang bertemu dengan orangtua ataupun pasangan dan anak. Jika kamu tidak terjebak macet setiap harinya, kamu dapat meluangkan lebih banyak waktu bersama keluarga tercinta.

5.Tidur

Menurut riset, manusia membutuhkan tidur selama 6-8 jam setiap malamnya. Karena macet, kamu harus bangun lebih pagi dari waktu yang seharusnya kamu bangun,  yang berarti jam tidur kamu akan berkurang. Selain itu, kamu juga bisa beristirahat hingga 45 menit di siang hari. Kalau kamu memiliki waktu lebih karena tidak terjebak macet, kamu dapat menggunakan waktu tersebut untuk menambah jam tidur kamu.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro