Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Perlunya Perempuan Mandiri Secara Ekonomi

Perempuan mandiri secara ekonomi dianggap memiliki daya resistensi terhadap ancaman kekerasan di dalam keluarga.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 26 Januari 2018  |  16:46 WIB
Perlunya Perempuan Mandiri Secara Ekonomi
Ilustrasi - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan mandiri secara ekonomi dianggap memiliki daya resistensi terhadap ancaman kekerasan di dalam keluarga.

Fitria Villa Sahara dari Perempuan Kepala Keluarga (Pekka), yayasan yang berfokus pada pendampingan perempuan mengatakan, meski tidak linier tetapi hal itu sedikit banyak dapat meminimalisir ancaman kekerasan terhadapnya. Dalam hal ini, ketika perempuan dalam keluarga mandiri secara ekonomi, misalnya, memiliki penghasilan dari usahanya, maka dia memiliki pengaruh cukup kuat dalam pengambilan keputusan.Dengan begitu, ada daya tawar yang dimilikinya.

"Perlu ada penguatan yang membuat perempuan kuat secara ekonomi dan kuat dalam pengambilan keputusan," ujarnya dalam diskusi bertajuk Ketahanan Ekonomi Perempuan di Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta, Jumat (26/1/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Eko Novi Ariyanti, Asisten Deputi Kesetaraan Gender Bidang Ekonomi, Kementerian PP dan PA mengatakan, kemandirian perempuan secara ekonomi juga dapat mencegah kekerasan. Misalnya, ketika mereka mereka mandiri maka dapat bersama-sama mengontrol perekonomian keluarganya bersama-sama kepala keluarga. Sehingga tidak terlalu membebani salah satu pihak.

"Salah satu cara untuk meningkatkan hal itu dengan penguatan industri rumahan. Sebab dalam industri ini perempuan cukup banyak terlibat. Jadi ekonomi adalah salah satu pintu masuk untuk mencegah kekerasan terhadap perempuan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wanita
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top