Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tertarik Investasi Saham, Ini Yang Harus Dipahami Kaum Millenial

Generasi millenial mulai melirik saham sebagai instrumen investasi. Namun ada sejumlah hal yang mereka pahami terkait investasi itu agar tidak kecewa di kemudian hari.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 26 Januari 2018  |  21:27 WIB
Pengunjung mengambil gambar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin (22/1). - JIBI/Dwi Prasetya
Pengunjung mengambil gambar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Senin (22/1). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA—Generasi millenial mulai melirik saham sebagai instrumen investasi. Namun ada sejumlah hal yang mereka pahami terkait investasi itu agar tidak kecewa di kemudian hari.

Berdasarkan laporan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), sepanjang 2017 investor muda mendominasi 30,06% dari total pemodal di bursa efek yang berjumlah 1.118.913 investor. Angka tersebut terdiri atas 3,82% remaja usia 20 tahun ke bawah dan 26,24% generasi muda usia 21-30 tahun.

Dominasi investor muda di pasar modal Tanah Air mengalahkan sumbangsih pemodal yang lebih senior dari rentang usia 31-40 tahun (25,12%), 71-80 tahun (1,71%), dan di atas 80 tahun (0,33%). Hal itu berarti bursa efek di negeri ini telah dirajai oleh ‘kids zaman now’.

Pengamat Pasar Modal dari Universitas Indonesia Budi Frensidy mengatakan millenial biasanya belum masuk kelompok dengan penghasilan besar. Sehingga mungkin dari sekian puluhan juta millenial hanya sekian saja yang bisa terjaring investasi. 

"Tantangannya beberapa millenial mengharapkan return hasil instan. Inilah yang akan membuat kecewa jika mengharapkan sesuatu yang instan," katanya hari ini Jumat (26/1/2018).

Menurut dia saham merupakan investasi jangka panjang sehingga tidak bisa diharap dalam jangka bulanan. Hal itulah yang perlu dipahami oleh millenial. Dengan demikian, millenial perlu bersabar dan belajar ketika berinvestasi di pasar modal bila ingin mendapatkan nilai investasi yang maksimal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

generasi milenial
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top