Ruangguru Sediakan Materi Pelajaran SD Hingga SMA

Fitur layanan yang dinamakan Ruangbelajar kini menyediakan konten pendidikan lengkap bagi kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.
N. Nuriman Jayabuana | 08 Februari 2018 14:22 WIB
Direktur Utama Ruangguru Adamas Belva Syah Devara dan Direktur Produk dan Kerjasama Ruangguru Muhamad Isman Usman

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan rintisan teknologi penyedia solusi pendidikan, Ruangguru, melengkapi konten yang tersedia di dalam platform untuk semua jenjang pendidikan.

Fitur layanan yang dinamakan Ruangbelajar kini menyediakan konten pendidikan lengkap bagi kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA.

Co-Founder sekaligus CEO Ruangguru Belva Devara menyatakan penyediaan konten pendidikan itu merupakan wujud dukungan terhadap program pemerintah, yaitu wajib belajar 12 tahun.

Menurutnya, kini banyak orang tua yang melihat anaknya lebih akrab dengan perangkat gadget ketimbang buku pelajaran.

“Melalui platform Ruangbelajar, metode belajar visual yang interaktif bisa membangkitkan semangat anak-anak untuk belajar lebih giat. Semudah ketika bermain game,” ujarnya dalam siaran pers (7/2).

Platform ruangbelajar pertama kali diluncurkan September 2017 lalu yang memungkinkan siswa memilih learning journey berdasarkan kelas dan mata pelajaran.

Di dalamnya terdapat ribuan video berisi materi dan pembahasan, latihan soal serta rangkuman berbentuk infografis dengan visual menarik. Tujuannya agar platform digital itu menjadi sarana belajar favorit siswa.

Co-Founder dan Chief Product Officer Ruangguru Iman Usman menyatakan Ruangguru sudah diunduh lebih dari 1 juta pengguna Google Play dan iOS. Aplikasi itu menempati urutan teratas untuk kategori aplikasi pendidikan.

“Kami bangga aplikasi lokal buatan negeri sendiri, dapat merajai ranking aplikasi kategori pendidikan di Google Play dan App Store yang selama ini biasanya didominasi asing. Hal ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus menyempurnakan aplikasi Ruangguru melalui konten-konten yang disediakan,” ujarnya.

Di samping itu, Ruangguru memiliki fitur Ruangguru Inspire yaitu sebuah serial video inspiratif yang bertujuan untuk membantu siswa membangun strategi dan perencanaan meraih cita-cita di masa depan.

Rubrik itu turut menampilkan pendiri Ruangguru, Belva Devara dan Iman Usman, serta brand ambassador Ruangguru, Iqbaal Ramadhan.

Bantu Persiapan Ujian dan SBMPTN

Ruangguru tengah memperkaya perbendaharaan kontennya untuk paket belajar khusus persiapan ujian nasional dan SBMPTN.  Pengguna platform dapat belajar bersama di dalam grup chat dengan tutor yang tersedia secara langsung mlalui fitur layanan Ruangguru digitalbootcamp.

Di samping itu, Ruangguru menyediakan layanan dengan mendatangkan guru privat langsung ke rumah yaitu bernama Ruangles, jasa konsultasi belajar privat online yang bernama Ruanglesonline, dan fasilitas tryout ujian yang bernama Ruanguji.

Ruangguru kini telah melibatkan lebih dari 7 juta pengguna aktif di dalam platformnya. Ruangguru berkomitmen menjadikan pemerintah sebagai mitra utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air.

Platform itu telah menggandeng kerja sama dengan 32 pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota/kabupaten untuk memperluas peneterasi layanannya di seluruh Indonesia.

Perusahaan edutech ini pertama kali didirikan pada 2014 lalu oleh Belva Devara dan Iman Usman. Keduanya masuk ke dalam jajaran pengusaha sukses di bawah usia 30 tahun versi Forbes 30 under 30 untuk teknologi konsumen di Asia.

Tag : StartUp
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top