The Shape of Water/Istimewa
Entertainment

Film “The Shape of Water” Plagiat?

Ilman A. Sudarwan
Sabtu, 24 Februari 2018 - 11:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nominator film gambar terbaik Piala Oscar 2018 The Shape of Water dituduh melakukan plagiarisme. Alur cerita tentang seorang perempuan dan makhluk sungai misterius dalam film tersebut dianggap sama persis dengan sebuah cerita sandiwara Amerika pada 1969.

Berkas tuduhan yang terdaftar di pengadilan federal Los Angeles, California menyatakan bahwa sutradara Guillermo del Toro, produser Daniel Kraus, dan studio Fox Searchlight telah menjiplak alur cerita, elemen, karakter, dan tema dari cerita sandiwara berjudul Let Me Hear You Whisper karya penulis drama Paul Zindel.

Dikutip dari Reuters, dalam berkas yang dituduhkan oleh anak Zindel, David, tertulis setidaknya ada 60 kemiripan karya Zindel dengan film The Shape of Water. Salah satu kemiripannya ada pada alur film tentang perempuan petugas kebersihan laboratorium era perang dingin yang jatuh cinta dengan makhluk sungai misterius.

Perbedaannya, pada flim The Shape of Water makhluk tersebut berbentuk lumba-lumba, sementara dalam film makhluk tersebut berbentuk campuran manusia dan makhluk sungai.

Tuduhan tersebut mengatakan bahwa ada persamaan mencolok antara permainan dan gambaran derivatif. Tim produksi film dianggap tidak  berusaha mencari ataupun mendapatkan lisensi sebagai hak atas karya Zindel.

Pihak Fox Searchlight menolak keras tuduhan tersebut. Mereka menyebut tuduhan yang dilayangkan tidak berdasar sama sekali tidak pantas untuk ditayangkan.

Dalam pernyataan resminya, tim produksi film ini bertepatan dengan siklus voting Academy Award untuk menekan studio kami untuk segera menyelesaikannya. Sebagai gantinya, kita akan dengan penuh semangat membela diri dan, dengan perluasan, film inovatif dan asli ini.

Tuntutan tersebut  memasukkan kutipan wawancara dari Kraus dan del Toro yang menyatakan bahwa ide penulisan alur cerita film tentang pegawai kebersihan yang menculik makhluk amfibi. Dalam berkas tuntutan, disebutkan bahwa Kraus dan Zindel tahu tentang diproduksi dalam tayang televisi pada 1969 dan 1990.

Zindel adalah peraih penghargaab Pulitzer untuk kategori drama pada 1964.  Zindel yang menulis tentang pengaruh sistem tentang Marigold dan Man-in-the-Moon, telah meninggal pada 2003 silam.

"The Shape of Water" telah memenangkan Golden Globe terbaik dan sejumlah penghargaan akting dan kerajinan dari kelompok kritik film di Amerika Serikat dan tempat lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro