Ilustrasi pernikahan/Reuters
Relationship

Ubah Pandangan Soal Uang Setelah Menikah, Simak Caranya

Nindya Aldila
Rabu, 28 Februari 2018 - 01:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketika sudah menikah, Anda harus bisa mengubah pandangan Anda soal membelanjakan uang. Tak hanya soal irit, tetapi juga Anda harus cerdas dalam menempatkan dana Anda.

Setelah menikah, Anda dan pasangan harus segera menyesuaikan pandangan Anda soal uang agar bisa mencapai financial goal. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda dan pasangan perhatikan, seperti dikkutip dari The Balance:

1. Bangun tujuan finansial yang sama

Begitu pasangan menikah, ada rasa tanggung jawab finansial terhadap pasangannya. Entah istri Anda bekerja atau tidak, punya anak atau tidak, memiliki pandangan yang sama soal membelanjakan dana dengan pasangan Anda sangat penting.

Cobalah menetapkan anggaran yang realistis dan sesuai untuk Anda berdua. Pastikan memasukkan anggaran seperti menabung untuk masa pensiun, melunasi utang, serta biaya hidup sehari-hari, dan bahkan uang belanja ekstra.

Terlepas dari tujuannya, memiliki prioritas finansial yang sama akan mencegah kebingungan, bahkan mungkin membuat satu pasangan mengeluarkan uang terlalu banyak dan secara tidak sengaja menyabotase tujuan bersama.

2. Belajarlah soal finansial dalam rumah tangga

Banyak perubahan saat Anda menikah. Mulai dari mengurus tabungan, investasi, aset, asuransi jiwa, hingga masa pensiun mungkin tampak rumit. Namun, ini bagian besar dari proses peralihan dari satu pola pikir orang yang sudah menikah.

Pastikan Anda berdua memiliki polis asuransi jiwa terutama jika Anda memiliki sejumlah utang. Selain itu, Anda berdua harus mengetahui semua akun yang Anda miliki, termasuk bank dan semua informasi masuk.

Anda mungkin memerlukan nasihat keuangan dari seorang profesional untuk membantu menetapkan tujuan yang jelas dan mencari tahu rencana untuk mencapainya.

3. Jangan lupa kompromi

Anda dan pasangan akan memiliki pandangan yang berbeda tentang cara membelanjakan dan menghemat uang. Hal tersebut wajar karena Anda berdua dibesarkan di rumah tangga yang berbeda yang kemungkinan memiliki kebiasaan dan sikap belanja yang berbeda terhadap uang.

Jika demikian, temukan jalan tengah yang membuat Anda berdua nyaman.

4. Tidak harus 50:50

Dalam pernikahan, tidak ada yang akan bisa dibagi persis 50:50. Pasti dalam prosesnya Anda akan menemui kondisi yang fluktuatif, misalnya kehilangan pekerjaan, memiliki anak, atau pindah tugas.

Ingatlah bahwa segala sesuatunya tidak akan selalu sama setelah menikah. Jangan terlalu hitung-hitungan. Sebagai gantinya, bekerjasamalah untuk mencapai tujuan finansial Anda berdua. Itulah kemenangan untuk keluarga Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro