Patung Piala Oscar terlihat di sebuah toko suvenir di Dolby Theater, LA, AS, tempat penyelenggaraan Piala Oscar 2018, Rabu (28/2)./Reuters-Lucy Nicholson
Entertainment

Mengapa Pembacaan Pemenang Piala Oscar Tahun Ini Diperketat?

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 2 Maret 2018 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Masih ingatkah anda akan insiden ‘pemenang yang tertukar’ pada perhelatan Piala Oscar tahun lalu?

Insiden di mana pembaca nominasi Warren Beatty dan Faye Dunaway salah menyebutkan nama pemenang pada kategori Film Terbaik. Hal ini terjadi karena keduanya diberikan amplop yang salah oleh staf lembaga audit PricewaterhouseCoopers (PwC).

Lembaga audit itu merupakan pihak yang ditugasi untuk menghitung dan mengawal amplop-amplop pengumuman pemenang Piala Oscar. 

Saat itu, Beatty dan Dunaway mengumumkan bahwa La La Land adalah pemenang Film Terbaik 2017. Padahal, pemenang sebenarnya adalah Moonlight garapan sutradara Barry Jenkins.

PwC pun tidak mau jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya. Untuk itu, mereka menyiapkan protokol yang ketat untuk pelaksanaan Piala Oscar tahun ini.

Pertama, selama Piala Oscar 2018 berlangsung, para karyawan PwC dilarang menggunakan smartphone dan melihat media sosial mereka. Hal ini dilakukan agar para karyawan yang bertugas menjadi lebih fokus pada tanggung jawab yang harus mereka kerjakan, juga lebih hati-hati agar amplop yang diberikan kepada pembaca nominasi tidak salah lagi.

Kedua, saat amplop diserahkan kepada pembaca nominasi, akan ada manager di belakang panggung yang bertugas untuk memastikan bahwa amplop yang diberikan kepada si pembaca nominasi sudah sesuai.

Piala Oscar 2018 dijadwalkan digelar pada Minggu (4/3/2018) dan dilangsungkan di Dolby Theatre, Los Angeles, AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro