3 Bahan Alami Ini Tak Disarankan untuk Perawatan Kulit

Bahan-bahan alami memang selalu jadi andalan banyak orang untuk mempercantik kulit. Pasalnya, bahan-bahan alami dianggap lebih aman dipakai dalam jangka waktu panjang dan tidak menyebabkan efek samping pada kulit.
JIBI | 15 Mei 2018 13:57 WIB
Kuning dan putih telur. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bahan-bahan alami memang selalu jadi andalan banyak orang untuk mempercantik kulit. Pasalnya, bahan-bahan alami dianggap lebih aman dipakai dalam jangka waktu panjang dan tidak menyebabkan efek samping pada kulit.

Banyak orang mulai mencoba membuat DIY (Do It Yourself) perawatan kulit dengan beberapa bahan alami.

Berikut beberapa bahan yang perlu dihindari supaya tidak membahayakan kulit wajah.

#Baking soda

Baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur yang cukup sering digunakan sebagai bahan dasar DIY masker wajah. Baking soda sendiri memang dapat mencerahkan wajah. Namun, penggunaan soda kue juga dapat mengubah pH serta membuat kulit mudah dihinggapi bakteri.

#Telur mentah

Selain baking soda, telur mentah juga berbahaya bagi kesehatan kulit. Telur mentah sering dijadikan masker wajah untuk menghilangkan jerawat dan mencerahkan wajah. Padahal, penggunaan telur mentah sendiri dapat berdampak buruk karena adanya bakateri salmonella di dalamnya.

#Lemon
Lemon termasuk bahan alami favorit banyak orang karena khasiatnya yang banyak untuk kulit wajah, seperti mencerahkan wajah, menghilangkan flek hitam hingga jerawat. Sayangnya, air perasan lemon tidak boleh langsung diaplikasikan ke wajah karena perasan lemon cenderung asam akan mengubah pH kulit dan membuat iritasi.

 

 

 

Sumber : Tempo

Tag : kulit
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top