Opera Ainun: Opera Barat Pertama di Asia

Kisah hidup Habibie - Ainun kembali diangkat, bukan dalam buku atau film, melainkan opera. Disutradarai Ari Tulang, opera bertajuk "Ainun" diklaim sebagai pertunjukan opera pertama ala Barat atau Eropa di Indonesia.
Aprianus Doni Tolok | 09 Juni 2018 22:35 WIB
Farman Purnama, Andrea Miranda, BJ Habibie, Purwacaraka, dan Sapti Wahyudi - Bisnis/Aprianus Dolok

Bisnis.com, JAKARTA - Kisah hidup Habibie - Ainun kembali diangkat, bukan dalam buku atau film, melainkan opera. Disutradarai Ari Tulang, opera bertajuk "Ainun" diklaim sebagai pertunjukan opera pertama ala Barat atau Eropa di Indonesia.

Ketua Lima Dimensi, selaku promotor, Sapti Wahyudi mengatakan butuh proses panjang yakni hampir dua tahun untuk bisa menyelenggarakan opera tersebut.

"Kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu membuat opera seperti di Eropa," katanya.

Senada dengan Sapti, Habibie berharap generasi muda Indonesia tidak minder dan yakin dengan potensinya. Dia yakin Indonesia akan melampaui negara-negara Asia lain dalam produksi opera yang diklaimnya tidak pernah keluar dari wilayah Eropa.

Opera "Ainun" didukung tokoh-tokoh seni ternama seperti komposer Purwacaraka, penulis naskah Titien Wattimena, dan penasihat kostum Samuel Wattimena.

Dengan durasi 135 menit, opera ini akan mengisahkan sosok Habibie yang diperankan oleh Farman Purnama, dari sudut pandang Ainun yang diperankan oleh Andrea Miranda.

Menurut rencana, Opera Ainun akan dihelat di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki pada 15 dan 16 September 2018.

Tag : teater
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top