Ilustrasi/Walesonline
Health

Campur Kopi dengan Minyak Kelapa, Hasilnya Baik untuk Kesehatan

Eva Rianti
Sabtu, 6 Oktober 2018 - 07:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda pernah mencoba mencampurkan minyak kelapa dengan kopi? Ternyata kombinasi keduanya bisa lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda loh.

Dilansir dari Boldsky, meminum kopi secara teratur dan menambahkannya dengan minyak kelapa dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, diantaranya meningkatkan metabolisme dan memperlancar pencernaan. Berikut penjelasan lengkapnya:  

Pertama, meningkatkan metabolisme. 

Kopi dengan minyak kelapa membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda. Kafein sudah dikenal untuk meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda dalam jangka pendek dan itu memicu kemampuan tubuh Anda untuk membakar lemak.

Meskipun minyak kelapa disimpan dalam bentuk lemak di dalam tubuh, minyak ini dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh Anda secara instan.

Sebuah studi dilakukan oleh peneliti terhadap 40 wanita berusia 20-40 tahun yang mengalami obesitas perut. Para peserta ini diberi suplemen makanan bersama dengan 30 ml minyak kelapa atau minyak kedelai selama penelitian.

Para peneliti menemukan bahwa para peserta yang mengonsumsi minyak kelapa bersama dengan suplemen makanan menunjukkan penurunan drastis dalam body mass index (BMI) dan berat badan mereka bersama dengan peningkatan kadar kolesterol baik (HDL). Hasil positif ini tidak terlihat pada wanita yang diberi minyak kedelai.

Oleh karena itu minum kopi dengan minyak kelapa akan membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh Anda.

Kedua, mengatur gula darah

Kopi cenderung menurunkan kemungkinan Anda terkena diabetes ketika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Ini juga memengaruhi tingkat insulin penderita diabetes tergantung pada kadar gula darah mereka.

Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan proses pengaturan gula darah dalam tubuh dengan membantu sel-sel Anda mengikat dengan insulin dengan cara yang lebih efisien.

Ini menjadikan kopi dengan minyak kelapa sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah di tubuh Anda.

Ketiga, memperlancar pencernaan

Kopi dikenal untuk membantu pencernaan dengan menurunkan penyerapan gula dalam tubuh dan juga dengan menahan sembelit, tetapi kopi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang karena dapat memperburuk sakit perut dan menyebabkan hilangnya cairan jika berlebihan. 

Minyak kelapa merangsang sistem pencernaan Anda dengan cara yang sama, pencahar alami ini meningkatkan gerakan usus Anda yang menghasilkan pencernaan yang lebih baik dan juga meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi. Kopi dengan minyak kelapa juga membantu meredakan peradangan usus.

Keempat, meningkatkan kekebalan tubuh 

Kafein memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kopi mengandung antioksidan polifenol yang membantu mencegah penyakit jantung, berbagai jenis kanker, penyakit saraf serta osteoporosis.

Berbicara tentang minyak kelapa, itu terdiri dari 50% asam laurat, yang merupakan lemak sehat yang ditemukan di dalam ASI. Asam ini memiliki sifat antimikroba yang membantu dalam membunuh patogen dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kelima, meningkatkan fungsi kognitif

Kopi dikenal bertindak sebagai stimulan ringan yang membantu orang dalam memulai hari mereka dengan penuh semangat, itu membantu dalam meningkatkan fungsi kognitif mereka dengan membangkitkan konsentrasi dan suasana hati orang-orang.

Begitu Anda mengonsumsi minyak kelapa, tubuh menggunakannya sebagai sumber energi cepat atau mengubahnya menjadi keton (asam yang terbentuk dalam darah dan muncul dalam urin) setelah masuk ke hati. Keton dikenal untuk meningkatkan ingatan dan fungsi otak.

Menambahkan minyak kelapa ke dalam kopi akan meningkatkan kadar keton dalam tubuh kita dan menurut penelitian, ini membantu meningkatkan fungsi kognitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro