Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lowongan Kerja: Perhatikan Hal Ini Saat Menjalani Wawancara

Proses wawancara dinilai merupakan salah satu tahapan krusial saat melamar kerja. Strategi jitu dan persiapan matang dibutuhkan agar berhasil mendapat pekerjaan idaman.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  01:55 WIB
Ilustrasi - Laboracademy
Ilustrasi - Laboracademy

Bisnis.com, JAKARTA - Proses wawancara dinilai merupakan salah satu tahapan krusial saat melamar kerja. Strategi jitu dan persiapan matang dibutuhkan agar berhasil mendapat pekerjaan idaman.

Para pelamar kerja cenderung kurang mempersiapkan diri sebelum menghadapi tahapan wawancara di sebuah perusahaan. Salah-salah, pekerjaan impian Anda tinggal kenangan jika melakukan kesalahan.

Bernadette R Themas, Managing Director & Country Head Kelly Services & Intelligence Indonesia berbagi beberapa tips bagi pelamar kerja saat sebelum menjalani sebuah wawancara.

1. Mempersiapkan Diri

Sebelum menjalani wawancara kerja, seorang pelamar harus mempersiapkan diri secara fisik maupun mental. Maksimal atau tidaknya pelamar, akan terlihat saat wawancara. Di samping itu, hal utama yang harus dikuasai adalah mengerti dan paham betul apa posisi yang sedang dilamar. Penguasaan ini sebuah posisi bukan tidak mungkin akan diuji oleh pewawancara.

2. Bertanggung Jawab Terhadap CV

Sejatinya biodata diri atau curriculum vitae merupakan representasi diri seseorang. Pastikan setiap biodata yang dtampilkan memang dikuasai betul oleh pencari kerja. Saat memperbarui CV, pastikan ada kesesuaian antara CV dengan posisi yang sedang dilamar.

“Karena seorang interviewer yang baik itu harus bisa menggali apa benar CV yang diberikan oleh pelamar atau tidak,” katanya kepada Bisnis, Selasa (22/10/2018).

3. Be Your Self

Perkara menjadi diri sendiri merupakan salah satu hal yang penting. Seorang yang diwawancara harus menempatkan diri senyaman mungkin saat wawancara berlangsung dengan cara sendiri. Selain penampilan yang baik, Anda harus mengatur gerak tubuh dengan baik karena bagaimanapun gerak gerik yang ditampilkan akan menjadi penilaian dari pewawancara.

4. Kemampuan berkomunikasi

Belajarlah untuk menjadi seorang yang mampu berkomunikasi dengan baik. Menguasai topik yang sedang dibahas dan mengembangkan kemampuan diri, menjadi salah satu hal yang patut dilakukan untuk melatih diri agar menjadi seorang komunikator handal.

5. Pendengar yang baik

Sering kali bagi sebagian orang kesulitan menjadi pendegar yang baik. Alhasil antara pertanyaan dengan jawaban tidak relevan. Fokuslah pada setiap pertanyaan yang diberikan sehingga Anda dapat menjawab dengan baik dan memperoleh hasil maksimal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wawancara lowongan kerja
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top