Ilustrasi menyetir/
Fashion

6 Tips Liburan Nyaman dan Aman dari Influencer Otomotif

Eva Rianti
Minggu, 3 Maret 2019 - 06:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTAMengunjungi sanak saudara ataupun melakukan perjalanan ke berbagai tujuan wisata di luar kota dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk melewati libur akhir pekan panjang minggu depan.

Bagi Anda yang menyukai berlibur melalui jalur darat, road-trip akan menjadi kegiatan yang seru dan menarik untuk dilakukan, terutama bagi yang belum pernah menjajal tol baru Trans Jawa.

Kini, berbagai destinasi menarik untuk liburan akhir pekan yang sebelumnya sangat sulit dijangkau dalam waktu singkat, dapat dicapai dalam waktu yang jauh lebih ringkas dan nyaman dengan berkendara melalui jaringan tol baru tersebut.

Influencer otomotif Ardian Pradana mengungkapkan bahwa liburan akhir pekan memang selalu dinanti-nanti untuk dapat dinikmati bersama keluarga ataupun teman-teman.

“Namun untuk mendukung liburan yang aman dan menyenangkan kita harus mempersiapkan diri dengan memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan perjalanan ke luar kota,” ujarnya dalam keterangan rilis, Jumat (1/3/2019).

Berikut ini beberapa tips yang disampaikan oleh Ardian yang perlu diperhatikan untuk menunjang kegiatan perjalanan jauh menggunakan mobil agar aman dan nyaman.

Pertama, mempelajari hal dasar

Terlepas dari cara mengemudikan kendaraan, penting bagi seorang pengendara untuk mempelajari hal dasar seperti memeriksa kondisi kendaraan sebelum bepergian.

Beberapa contohnya adalah memeriksa lampu, oli, rem, ban yang sudah terisi angin dan air wiper, serta kondisi ban cadangan. Selain itu juga memastikan bahan bakar penuh dan tidak habis sampai dengan SPBU berikutnya.

Hal dasar lainnya yang tak kalah penting adalah memeriksa apakah ada cairan yang berasal dari kebocoran pada kendaraan, serta mempersiapkan nomor layanan yang dapat dihubungi saat darurat, termasuk layanan derek mobil.

Kedua, servis mobil berkala

Periksa catatan servis rutin kendaraan Anda. Bila sudah mendekati jarak tempuh yang tertera pada buku servis, segera kunjungi bengkel resmi terdekat, agar kondisi mobil tetap prima selama dalam perjalanan.

Ketiga, barang bawaan

Rencanakan barang-barang bawaan Anda untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan maupun di tujuan wisata dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan.

Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, dan cable jumper sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

Mainan atau perangkat hiburan sangat membantu agar-anak-anak dapat menikmati perjalanan tanpa mengganggu konsentrasi pengemudi.

Jangan lupa untuk menyiapkan tali pengikat bagasi, agar barang pada bagasi Anda tidak bergeser dan mengganggu konsentrasi.

Empat, riset rute

Cek rute perjalanan Anda untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, pom bensin dan bengkel. Anda juga bisa memanfaatkan fitur petunjuk arah untuk menghindari kemacetan atau salah arah.

Kelima, konektivitas

Ini merupakan suatu aspek yang penting bagi pengemudi saat melakukan road-trip. Selain menjadi sarana hiburan, seperti menikmati koleksi lagu di ponsel, juga dapat melakukan konektivitas dengan peta-peta digital seperti Google Maps dan Waze yang membantu pengemudi memberikan panduan rute yang dibutuhkan.

Keenam, kebugaran

Berhentilah setiap 2 jam untuk beristirahat dan melakukan senam ringan terutama bagi Anda yang mengemudi. Berilah kesempatan bagi penumpang terutama anak-anak untuk berganti suasana sejenak untuk menghilangkan rasa bosan duduk lama di kendaraan.

Bagi Anda yang sudah berencana untuk pergi liburan akhir pekan bersama mobil pribadi, semoga tips mempersiapkan kendaraan ini dapat meningkatkan pengalaman perjalanan menjadi lebih aman dan menyenangkan. Selamat berlibur akhir pekan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro