Health

Minum Air Hangat di Pagi Hari Dapat Mencegah Penuaan Dini

Eva Rianti
Kamis, 4 April 2019 - 17:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa minum air hangat saat perut kosong memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

Beberapa manfaat dari minum air putih hangat pada pagi hari adalah meringankan sembelit, menurunkan berat badan, hingga mencegah penuaan dini.

Lebih rincinya, berikut ini enam manfaat yang dapat Anda rasakan dari mengonsumsi air hangat pada pagi hari, dilansir dari Medicaldaily, baru-baru ini.

Meringankan Sembelit

Sembelit adalah kondisi tidak nyaman yang memiliki efek iritasi. Ini adalah masalah perut umum yang disebabkan oleh sedikit atau tidak ada pergerakan usus akibat kurangnya kandungan air di dalam tubuh.  

Ahli gizi klinis dan pakar kesehatan dalam Ilmu Pangan dan Gizi Stella Metsovas mengatakan bahwa wanita rentan terhadap ketidakseimbangan hormon, yang memiliki efek samping konstipasi. Minum minuman hangat di pagi hari mengurangi perkembangannya.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tumpukan lemak yang terakumulasi dalam sistem saraf dihilangkan dengan minum segelas air hangat. Ini mengeluarkan racun dan meningkatkan sirkulasi darah dan melonggarkan jaringan otot Anda.

Menurunkan Berat Badan

Minum air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Ini juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda, memungkinkannya untuk membakar lebih banyak kalori. Adapun, minum air hangat dengan lemon akan mempercepat prosesnya.

Serat pektik lemon mengendalikan keinginan makan Anda, membuat Anda makan lebih sedikit. Ini juga memecah jaringan adiposa yang dapat menurunkan berat badan. Minum ini di pagi hari sangat dianjurkan oleh dokter.

Mengurangi Rasa Sakit

Terapi air hangat juga mengurangi nyeri rahim yang disebabkan oleh kram menstruasi. Ini meningkatkan sirkulasi kapiler dan mengendurkan otot perut dan rahim Anda.

Nyeri ketika menstruasi disebabkan oleh jaringan otot yang stres karena kontraksi periode. Minum air hangat mengurangi risiko mengalami nyeri haid.

Mencegah Penuaan Dini

Penumpukan racun dalam tubuh membuat Anda menua lebih cepat. Itu juga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Air hangat mengeluarkan racun-racun ini dan memperbaiki sel-sel kulit. Hasilnya, kulit Anda lebih elastis dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

Tidur Terasa Lebih Nyenyak

Minum air panas sebelum tidur menenangkan saraf dan membuat tubuh Anda merasa rileks. Anda akan bangun dengan tubuh yang terasa lebih segar di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro