Media Gathering Smart Women Talks: Empowering Women Through E-Commerce yang diselenggarakan oleh MarkPlus, Inc di Jakarta/ Bisnis-Eva Rianti
Fashion

Perempuan Indonesia Rata-Rata Habiskan Waktu 1—2 Jam Sehari untuk Belanja Lewat E-Commerce

Eva Rianti
Kamis, 4 April 2019 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTASebuah survei menunjukkan bahwa rata-rata perempuan di Indonesia menghabiskan waktu sekitar 1—2 jam ketika melakukan pembelanjaan lewat platform e-commerce.

Survei dari MarkPlus, Inc, perusahaan konsultan marketing serta riset tersebut dilakukan pada Februari 2019 terhadap 1.200 responden berusia 18—55 tahun.

Rinciannya, perempuan yang melalukan pembelanjaan lewat e-commerce selama 1—2 jam mencapai 48,3%, disusul durasi belanja di bawah 1 jam (32,7%), selama 2—3 jam (12,8%), dan selama lebih dari 3 jam (6,3%).

Head of Communication, Hi-Tech and Media Industry MarkPlus, Inc Resha Dwi Prabowo mengungkapkan bahwa secara umum mayoritas perempuan Indonesia (38,4%) di seluruh kelompok usia biasanya mengakses e-commerce pada pukul 18.00—22.00 waktu setempat.

“Aktivitas tersebut baik untuk berbelanja maupun sekedar melihat-lihat dilakukan setelah selesai melaksanakan kegiatan atau rutinitas sehari-hari seperti bersekolah, kuliah, ataupun bekerja,” tuturnya, Kamis (4/4/2019).

Resha juga menjelaskan, survei tersebut juga menunjukkan bahwa kebanyakan perempuan di Indonesia tidak merencanakan terlebih dahulu apa yang ingin mereka beli ketika mengakses e-commerce.

Sebanyak 35,4% perempuan melakukan browsing terleih dahulu untuk mencari produk dan brand apa yang mereka ingin beli. Ini membuktikan bahwa perilaku perempuan Indonesia yang sekedar iseng browsing pada e-commerce tertentu dapat mengarahkan mereka pada pembelian.

“Namun, semakin berumur, perempuan Indonesia semakin bijak dalam berbelanja, lebih mengetahui pilihannya, dan tidak impulsif dalam berbelanja,” lanjutnya.

Menurutnya, seiring bertambahnya usia, mereka yang berusia 49—55 tahun dapat dikatakan sudah menjadi lebih bijaksana dengan merencanakan terlebih dahulu produk dan brand apa yang mereka inginkan ketika melakukan pembelian di e-commerce.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro