Health

Isi Waktu Akhir Pekan dengan Pedikur Cokelat, Begini Cara Melakukannya

Eva Rianti
Sabtu, 6 April 2019 - 14:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memberikan kaki Anda suguhan rileks sesekali sangat diperlukan. Pedikur tidak hanya membuat kaki Anda rileks, tetapi juga menjaganya agar tetap bersih dan sehat.

Salah satu bahan untuk pedikur yang cukup populer adalah cokelat. Pedikur cokelat dapat membuat kaki yang kasar dan kering menjadi lembab, halus, dan memberi perlindungan terhadap sinar matahari.

Terlebih, serotonin dan dopamin yang ada dalam cokelat bekerja sangat baik untuk meringankan suasana hati Anda dan membuat Anda merasa santai.

Dilansir dari Boldsky, untuk melakukan pedikur cokelat, Anda bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah. Sebelumnya, persiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan.

Diantaranya, 4 ½ cangkir cokelat leleh, baskom berisi air hangat, 1 sdt garam Epsom, 1 sdm madu, 2 sdm gula pasir, ¼ sdt bubuk kakao, 4—5 tetes minyak almond, dan 2 gelas susu. Sediakan pula handuk, penghilang cat kuku, pemotong kuku, pengikir kuku, cat kuku, gosok kaki, serta pelembab.

Langkah-Langkah Pedikur Cokelat

Mempersiapkan kaki dan kuku Anda

Langkah pertama adalah mempersiapkan kaki Anda, cuci, dan keringkan. Hapus cat kuku dari kaki Anda menggunakan penghapus cat kuku. Jika Anda memiliki kuku kaki yang panjang, gunakan pemotong kuku untuk memotongnya. Namun, jika Anda lebih suka kuku panjang, Anda bisa mengikirnya agar bentuknya bagus.

Rendam kaki di air hangat

Rendamlah kaki Anda agar membuatnya lembut dan lentur. Ambil baskom berisi air hangat dan tambahkan garam Epsom di dalamnya dan aduk rata.

Rendam kaki Anda di air tersebut, biarkan berendam sekitar 15—20 menit. Setelah selesai, angkat kaki Anda dan tepuk-tepuk dengan lembut menggunakan handuk.

Rendam kaki pada cokelat

Sekarang adalah waktu untuk merendam kaki dalam campuran cokelat. Ambil cokelat leleh di baskom besar. Tambahkan susu di dalamnya untuk mendapatkan pasta yang kental dan lembut. Celupkan kaki Anda ke dalam campuran dan rileks.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengoleskan pasta ini ke seluruh kaki Anda. Biarkan kaki Anda berendam di cokelat sekitar 20 menit agar manfaat-manfaatnya meresap. Setelah selesai, bilas hingga bersih dan keringkan kaki Anda.

Lulur cokelat gula

Menggosok kaki Anda akan menghilangkan sel-sel kulit mati dari kaki Anda serta memberi asupan. Ambil gula dalam mangkuk, dan tambahkan madu dan bubuk kakao di dalamnya dan aduk rata.

Terakhir, tambahkan beberapa tetes minyak almond ke dalamnya dan campur semuanya menjadi satu untuk mendapatkan scrub. Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun, alih-alih minyak almond.

Dengan menggunakan campuran ini, gosok perlahan kaki Anda dalam gerakan melingkar selama sekitar 5—10 menit. Bilas kaki Anda dengan air dingin dan keringkan.

Melembabkan

Oleskan pelembab dalam jumlah banyak pada kaki Anda. Biarkan pelembab meresap ke dalam kulit Anda. Akhiri dengan mengecat kuku kaki Anda dengan cat kuku pilihan Anda.

Selamat mencoba dan semoga akhir pekan Anda lebih menyenangkan!

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro