Celengan digital dari bank Swiss/credit-suisse.com
Health

3 Tips Ajarkan Anak Cara Menabung Uang THR

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 6 Juni 2019 - 09:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Lebaran telah tiba dan ini adalah saatnya anak Anda mendapatkan reward dari usahanya berpuasa 30 hari lamanya.

Umumnya, hadiah yang diberikan orangtua dan sanak saudara adalah berupa uang yang diselipkan di amplop, dan diberikan kepada anak dengan istilah THR (Tunjangan Hari Raya).

Namun, tak sedikit insiden terjadi di mana uang yang diterima anak malah dihabiskan untuk membeli jajanan dan mainan yang ia inginkan yang sebenarnya tidak perlu. Dikutip dari Nairametrica.com, berikut tips mengajarkan anak cara mudah menabung THR-nya.

1. Belikan celengan ayam

Banyak dari kita yang tumbuh dan berkembang dengan celengan ayam, bukan? Memori tersebutlah yang harus Anda sampaikan kepada buah hati Anda. Tidak peduli apakah uang kertas atau koin yang ia masukkan ke dalamnya, pastikan si kecil mencapai tujuannya menabung yakni bersabar untuk mendapatkan sesuatu.

2. Bicarakan tentang topik finansial ringan

Tidak ada yang lebih menyenangkan di dunia ini selain menghabiskan waktu dengan anak Anda. Bicarakan tentang uang kepada si kecil sekreatif mungkin. Bantu mereka mengerti tentang konsep uang dan mengapa mereka harus menabung sedini mungkin. Kebiasaan dari kecil bisa terbawa hingga dewasa jika saja anak Anda konsisten.

3. Gunakan pendekatan 'hadiah'

Dengan mengulang saran kalau anak akan mendapatkan hadiah yang besar jika ia menabung untuk itu, si kecil akan mulai berpikir dan otaknya mulai merekam kalau untuk mendapatkan hadiah yang lebih besar ia harus menabung. Dengan begitu, anak tidak akan hanya menghabiskan uangnya untuk barang konsumsi semata. Jika anak mencapai targetnya, jangan lupa untuk memberikannya hadiah kecil, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro