Health

Awas, Ada Dampak Buruk Jika Anda Sering Cangklong Tas di Tangan

Newswire
Sabtu, 29 Juni 2019 - 01:06
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta – Bagi perempuan yang sering membawa tas tangan atau hand bag, tentu sudah biasa mencangklongnya di tangan. Namun, kebiasaan itu harus diwaspadai.

Pasalnya, pemakaian tas dapat mempengaruhi kondisi tubuh. Terutama para para perempuan yang terbiasa menyangkutkannya di pergelangan tangan. Apalagi bila isi tasnya berbobot sampai berkilo-kilogram.

Menurut dokter jantung dan pembuluh darah Vito Damay, cara memakai tas seperti itu, ditambah massanya berat, bisa mengakibatkan rasa kebas pada tangan atau jari. Kondisi tersebut kerap terjadi pada ibu-ibu yang juga sibuk menggendong anak sehingga tangan serta pundaknya mengalami tekanan dalam waktu lama.

“Pergelangan tangan kalau tertekan oleh benda berat dalam waktu lama akan membuat saraf meradang,” kata Vito ditemui di pameran Mommy N Me, di  Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (28/6/ 2019) dilansir dari Tempo.co.

Dia menyarankan untuk mengurangi barang bawaan bila memang memutuskan untuk memakai tas yang modelnya harus dicangklongkan di pergelangan tangan atau sebelah bahu. “Bagian pundak tersambung otot ke kepala, kalau kepala dan leher tegang bisa jadi karena salah bawa tas,” kata Vito Damay.

Apabila kerap membawa barang-barang yang berat, Vito mengingatkan agar memakainya dengan benar. Kedua talinya harus disangkutkan ke bahu, tidak boleh cuma sebelah.

Selain itu, postur tubuh juga menentukan jumlah beban yang bisa dibawa. Pemilik tubuh bongsor cenderung bisa membawa barang yang lebih berat ketimbang pemilik tubuh mungil.

“Cara menentukannya, saat pakai tas pastikan tubuh imbang. Kalau tubuh sampai membungkuk atau punggung tertarik ke belakang berarti terlalu berat,” kata Vito Damay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro