Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

7 Teh Herbal Ini Bisa Bantu Kelola Diabetes

Ada banyak penderita diabetes berusaha menjalani kehidupan yang sehat selama bertahun-tahun, yakni dengan memodifikasi kebiasaan makan dan minum mereka. Salah satu minuman yang dapat memberikan efek positif dalam mengelola diabetes adalah teh herbal.
Eva Rianti
Eva Rianti - Bisnis.com 09 Juli 2019  |  19:41 WIB
Ilustrasi minuman teh - Reuters
Ilustrasi minuman teh - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Para penderita diabetes disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung gula untuk mencegah peningkatan kadar gula di dalam tubuh. Tidak heran, penderita diabetes memang sangat menjaga asupan yang dikonsumsi.

Terlepas dari pengobatan, para dokter meresepkan kepada penderita diabetes untuk mengikuti gaya hidup sehat untuk menjaga kondisi tubuh.  

Ada banyak penderita diabetes berusaha menjalani kehidupan yang sehat selama bertahun-tahun, yakni dengan memodifikasi kebiasaan makan dan minum mereka. Salah satu minuman yang dapat memberikan efek positif dalam mengelola diabetes adalah teh herbal.

Memasukkan satu atau dua cangkir herbal pilihan dalam minuman harian Anda dinilai akan membantu mengendalikan kadar glukosa darah.

Berikut tujuh teh herbal yang dapat membantu mengelola kadar gula darah secara alami, dilansir dari Boldsky.

1. Teh Ginseng

Ginseng cenderung memperlambat penyerapan karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin dari pankreas. Dianjurkan untuk minum secangkir setiap pagi untuk menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali.

Teh ginseng akan lebih baik jika dikonsumsi dalam keadaan segar, dibandingkan dalam bentuk bubuk atau tablet.

2. Teh Bilberry

Ekstrak bilberry tidak diakui sebagai pengobatan diabetes standar, namun, ini membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Tambahkan satu hingga tiga sendok teh bilberry ke dalam secangkir air mendidih. Biarkan meresap selama 10—15 menit untuk hasil terbaik.

3. Teh Lidah Buaya

Teh lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat herbal untuk mengobati dan mengelola sebagian besar kondisi kesehatan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu dalam memerangi tanda-tanda diabetes tipe 2 dan mengurangi kadar glukosa plasma puasa pada orang-orang yang menunjukkan gejala prediabetes.

Glukosa plasma puasa adalah tes yang memeriksa kadar glukosa darah setelah tidak makan atau minum selama minimal delapan jam atau puasa.

4. Teh Ekstrak Daun Sage

Sage telah terbukti meningkatkan aktivitas insulin pada penderita diabetes. Tuangkan secangkir daun sage dalam air mendidih dan saring airnya sebelum diminum.

Sage merupakan tanaman herbal asli yang berasal dari pantai utara Mediterania. Tanaman ini dikenal dapat mengobati berbagai penyakit dari gangguan mental hingga gangguan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan pada daun sage terkenal sangat bermanfaat bagi kesehatan.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki efek besar terhadap tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol LDL. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi hingga enam cangkir teh hijau setiap hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum temuan dapat ditetapkan dengan pasti. Anda harus menghindari pemanis apa pun, sebagai gantinya tambahkan beberapa tetes jus lemon. Anda juga bisa mencoba teh hijau earl grey dan melati.

6. Teh Dandelion

Akar dan daun ramuan Cina ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk manfaat pengobatan dan kesehatannya. Dandelion mengandung komponen bioaktif dengan sifat antidiabetik potensial.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi daun dandelion dan bubuk akar telah secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada diabetes tipe 2.

7. Teh Oolong

Tingkat kafein dalam teh Cina populer ini dapat membantu penderita diabetes tipe 2 mengurangi gula darah.

Gunakan dua sendok teh daun oolong dalam secangkir air panas dan biarkan meresap selama 1—5 menit. Hindari menggunakan air mendidih untuk membuat minuman herbal ini.

Sebagai saran, sebelum memulai mengonsumsi teh herbal apapun, usahakan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top