SkinnyIndonesian24: Youtube Sama Dengan TV

Duo kakak adik Andovi Da Lopez dan Jovial Da Lopez yang populer dengan akun youtubenya SkinnyIndonesian24 akhirnya mengakui 'Youtube sama dengan TV' pada tahun ini.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 25 Agustus 2019  |  08:57 WIB
SkinnyIndonesian24: Youtube Sama Dengan TV
Ilustrasi YouTube. - Bloomberg/Chris Ratcliffe

Bisnis.com, JAKARTA - Duo kakak adik Andovi Da Lopez dan Jovial Da Lopez yang populer dengan akun youtubenya, SkinnyIndonesian24 akhirnya mengakui 'Youtube sama dengan TV' pada tahun ini.

Keduanya diketahui populer di tahun 2016 setelah merilis video musik 'Ganteng-ganteng Swag' bersama Young Lex di platform Youtube, dengan tagline 'Youtube lebih dari TV'.
 
Berbicara di Playfest 2019, Andovi dan Jovial menyebut Youtube dan Hiburan tetap menjadi bagian yang ia senangi setelah 8 tahun berkarir. Kebebasan, menurutnya adalah fasilitas yang ditawarkan Youtube sehingga membuatnya mampu berkarya hingga saat ini. 
 
"Kalau KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) masuk ke Youtube, selesai sudah. Youtube itu seni. Kita bikin konten Prabowo versus Jokowi, trending nomor 1. Karena kita nggak dibayar siapapun, apalagi dibayar TV," kata Jovial saat berbicara di acara Playfest 2019, Parkir Selatan Gelora Bung Karno pada Sabtu (24/8/2019). 
 
Meski begitu, Jovial menggarisbawahi tantangan Youtube Indonesia saat ini adalah akselerasi yang sangat cepat. Sehingga jika konten yang tidak mengikuti isu terkini, sedikit penonton yang akan melirik konten tersebut.
 
"Saat ini yang terjadi adalah idealisme versus pasar. Misalnya, ketika waktu itu ada musibah di Palu, kita dengan Youtuber lain bekerjasama untuk menyumbang bagi orang yang membutuhkan dan itu dananya sampai 180 juta. Tapi ketika itu juga ada seorang Youtuber yang ternyata quit Youtube. Malah itu yang diberitakan media," terang Andovi. 
 
Di tahun 2019, Jovial memberi catatan, tontonan pengguna Youtube dan penonton televisi tidak jauh berbeda. Hal ini terlihat dari kolom trending Youtube dan program televisi yang kurang lebih memiliki standar yang sama. 
 
"Education is key. 2016 itu kita merasa Youtube lebih dari TV dari aspek kebebasan. Sekarang, Youtube sama dengan TV," tutup Andovi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
youtube

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top