Blak-blakan Sutradara Crazy Rich Asians soal Hengkangnya Penulis Skenario karena Upah

Sutradara film Crazy Rich Asians Jon M. Chu akhirnya angkat bicara terkait keluarnya penulis skenario Adele Lim karena perbedaan upah yang diterimanya dengan rekan penulis lain Peter Chiarelli.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 10 September 2019  |  10:52 WIB
Blak-blakan Sutradara Crazy Rich Asians soal Hengkangnya Penulis Skenario karena Upah
Surtadara film Crazy Rich Asians Jon M. Chu - Sumber: Hollywood Reporter

Bisnis.com, JAKARTA – Sutradara film Crazy Rich Asians Jon M. Chu akhirnya angkat bicara terkait keluarnya penulis skenario Adele Lim karena perbedaan upah yang diterimanya dengan rekan penulis lain Peter Chiarelli.

Chu melalui akun Twitternya memposting sebuah gambar dengan tulisan panjang mengenai proses negosiasi yang dilakukan untuk penyetaraan upah pada hari ini, Selasa (10/9/2019).

Dia menyatakan bahwa dirinya berada di pihak Lim tetapi memang terjadi negosiasi yang sulit.

Dia memaparkan ketika tahu bahwa Lim tidak senang dengan tawaran awal dalam proyek sekuel ini, Chu, produser film Nina Jacobson, dan eksekutif Warner Bros Brad Simpson telah berupaya untuk menempatkan kesetaraan di antara kedua penulis tersebut. Akan tetapi, Lim tetap menolak untuk berpartisipasi.

“Hal-hal ini terjadi dalam negosiasi dan saya bangga bahwa dia [Lim] mampu membela dirinya sendiri dan pergi ketika merasa diremehkan,” tulisnya dalam postingan tersebut.

Dalam tweet-nya itu juga, Chu meminta para penggemar untuk tidak mengkritik Chiarelli yang mendapat upah lebih tinggi dari Lim, karena dia telah bergabung sebagai penulis naskah sebelum Chu dan Lim bergabung.

“Dia [Chiarelli] adalah orang baik. Seorang yang kreatif dan profesional dalam menjalankan bisnis selama bertahun-tahun,” katanya.

Chu melanjutkan, bahwa Crazy Rich Asians bukan hanya merupakan hasil karya Lim atau Chiarelli atau dirinya saja, tetapi sebuah karya dari keseluruhan tim yang terlibat.

Dalam akhir kalimat postingannya, Chu mengatakan pihaknya tetap terbuka untuk melakukan negosiasi ulang dengan Lim yang saat ini sedang membuat naskah film animasi untuk Disney, “Jika ada kesempatan lain untuk membuatnya bekerja, kita semua ada untuk itu,” katanya.

Gemma Chan, yang memerankan Astrid dalam film Crazy Rich Asians menanggapi postingan Chu dan menambahkan dukungannya terhadap Lim.

“Saya juga mendukung Adele Lim sepenuhnya, seperti yang saya lakukan pada setiap orang yang berjuang demi kesetaraan upah mereka. Perbedaan upah terjadi pada perempuan secara tidak proporsional. Kita harus melakukan yang lebih baik,” tulisnya.

Pemberitaan mengenai keluarnya Adele Lim sebagai penulis skenario sekuel Crazy Rich Asians dilaporkan oleh Hollywood Reporter pada minggu lalu.

Meksipun Lim menolak mengungkap angka yang dimaksud, seorang sumber mengatakan bahwa Chiarelli ditawari bayaran US$800.000 hingga US$1 juta sementara Lim hanya ditawari US$110.000.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Film, sutradara, produser

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top