Camilan untuk Gaya Hidup Sehat

Camilan yang terasa ringan dan tidak mengenyangkan bisa menambah asupan kalori per hari. Akan lebih baik jika Anda bisa lebih sering mengonsumsi camilan sehat yang dapat membantu upaya untuk hidup sehat.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  15:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut hasil riset dari Snacking Habit Report: Indonesia (2017), rata-rata satu dari tiga orang Indonesia mengonsumsi lebih dari 3 camilan per hari.

Camilan yang terasa ringan dan tidak mengenyangkan bisa menambah asupan kalori per hari. Akan lebih baik jika Anda bisa lebih sering mengonsumsi camilan sehat yang dapat membantu upaya untuk hidup sehat. Cobalah camilan sehat berikut untuk mendukung gaya hidup sehat Anda.

1. Buah-buahan.

Buah mengandung nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperti kalium, vitamin, serat dan asam folat. Buah juga rendah dalam lemak, sodium dan kalori serta tidak mengandung kolesterol. Secara umum, mengonsumsi buah-buahan membantu menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung, memperlancar pencernaan dan membuatmu merasa kenyang.

Beberapa buah dengan manfaat yang baik untuk tubuh antara lain Mangga, dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit, menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan mata. Leci, membantu mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, memperbaiki pencernaan dan menguatkan tulang.

Selain itu, peach yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kecantikan kulit.

Ada pula raspberry yang dapat mencegah degenerasi makula mata, membantu melawan kanker, memperkuat daya ingat dan mengobati diabetes. Tak lupa pula, beri, buah yang memiliki sifat antibakteri, mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat meredakan sakit kepala.

2. Kacang-kacangan.

Kacang adalah camilan bergizi yang ideal, dengan manfaat seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu mencegah kanker, depresi dan penyakit lainnya. Kacang memiliki kandungan lemak baik yang cukup tinggi, membuatnya mengenyangkan saat dikonsumsi, dan mengonsumsi kacang dalam jumlah yang wajar dapat membantu menurunkan berat badan.

3. Keju

Keju yang terbuat dari susu sapi segar adalah sumber kalsium yang bermanfaat untuk tulang dan gigi serta untuk penyembuhan luka dan menjaga tekanan darah. Selain itu, keju juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Sebagai produk hasil fermentasi, keju dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di perut yang memiliki efek baik untuk kolesterol darah.

4. Dark chocolate

Dark chocolate, atau coklat dengan lebih dari 70% kakao adalah camilan yang baik untuk kesehatan. Dark chocolate kaya akan serat, zat besi, dan magnesium, dan dark chocolate juga mengandung jumlah antioksidan yang lebih dibanding makanan lainnya. Mengonsumsi dark chocolate juga dapat memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

5. Yogurt

Yogurt adalah salah satu produk yang terbuat dari susu yang baik untuk kesehatan. Yogurt yang terbuat dari susu segar mengandung protein dan kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yogurt mengandung bakteri baik yang membantu memperlancar pencernaan. Yogurt juga mengandung vitamin B6, B12, kalium dan magnesium.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan

Editor : Reni Lestari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top