Entertainment

Pekan Kebudayaan Nasional 2019 Akan Sajikan 41 Karya Lukis "Wajah Indonesia"

Dionisio Damara
Senin, 7 Oktober 2019 - 10:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia akan menggelar pameran seni rupa "Wajah Indonesia" untuk menyambut Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang bertajuk Ruang Bersama #Indonesiabahagia pada 7 - 13 Oktober 2019 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. 

Sudjud Dartanto, kurator pameran, mengatakan bahwa pameran tersebut sengaja memberikan perhatian penuh terhadap objek wajah karena berkaitan dengan semangat tema umum Pekan Kebudayaan Nasional 2019. 

Tema itu bakal menampilkan berbagai hasil produk kebudayaan yang dalam konteks pameran ini ialah tafsir wajah dalam praktik seni rupa. Pameran "Wajah Indonesia" bertujuan membuka apresiasi atas keragaman ekspresi dari para seniman, serta mengenali berbagai tafsir wajah manusia Indonesia secara lebih personal.

Dia menambahkan bahwa dalam ranah seni rupa, penggambaran wajah atau potret mengalami puncak realistiknya pada era revolusi fisik. Sementara citra "molek" berkembang pada era romantisme di Hindia Belanda ketika Indonesia belum ada saat itu.

“Melalui wajah dalam bahasa rupa, kita akan mendapat pengetahuan tentang berbagai gagasan penggambaran wajah. Selain itu, kita juga dapat ikut merasakan ekspresi yang ditimbulkan oleh para perupanya dengan lebih personal melalui bahasa material, ungkapan warna, karakter garis, bentuk tekstur, berbagai ritme, dan irama komposisi,” ujar Sujud. 

Kepala Galeri Nasional Indonesia (GNI), Pustanto,  berharap agar pameran yang mengeksplorasi beragam medium ini dapat memberikan inspirasi, memicu sikap kritis, memunculkan motivasi, serta mengembangkan kreativitas, baik dalam bidang seni rupa maupun bidang lainnya. 

“Lewat pameran ini, publik juga diharapkan dapat memaknai kembali identitas Indonesia yang terangkum dalam wajah-wajah Indonesia yang ditampilkan lewat karya seni rupa. Dari wajah yang beragam tersebut, diharapkan muncul adanya sikap saling pengertian dan saling menghargai sehingga dapat terwujud cita-cita menuju Indonesia Bahagia,” ujarnya. 

Puluhan Karya

Pameran ini merupakan bentuk partisipasi Galeri Nasional Indonesia dalam menyemarakkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) sesuai dengan fungsinya sebagai lembaga budaya negara yang melaksanakan kemitraan, pameran, dan layanan edukasi di bidang seni rupa.

Pameran Seni Rupa “Wajah Indonesia” akan menampilkan keragaman ekspresi manusia Indonesia dari berbagai latar belakang wilayah melalui multi-interpretasi wajah. Hal itu diterjemahkan ke dalam 41 karya seni rupa berupa lukisan, keramik, dan gambar hasil olah artistik 41 perupa dari 20 provinsi di Indonesia. 

Provinsi-provinsi itu, antara lain Aceh, Sumatra Utara, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat. 

Karya-karya sketsa serta video dokumentasi hasil kegiatan Kongres Kebudayaan Indonesia 2018 juga akan ditampilkan dalam pameran. Video dokumentasi yang dipilih berdasarkan pertimbangan kuratorial itu akan menyajikan karya koleksi Galeri Nasional Indonesia, dan video dokumentasi karya Festival Seni Rupa Anak Indonesia.

Selain pameran, pergelaran ini juga diramaikan dengan “Sketsa Bersama Publik” oleh sketchers dan Komunitas Sketsa Indonesia. Acara itu mengajak para pengunjung PKN terutama pengunjung Pameran untuk membuat sketsa bersama dalan merespons suasana pameran. Acara yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat umum ini berlangsung selama pameran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro