Health

Memanfaatkan Kecerdasan Buatan untuk Mainan Edukasi Anak

Dewi Andriani
Selasa, 29 Oktober 2019 - 04:47
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Perkembangan teknologi yang memanfaatkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence ternyata juga dapat diterapkan untuk mainan anak-anak yaitu boneka edukasi islami Super Hafiz yang diluncurkan Al Qolam. 
.
Direktur Al-Qolam Ayu Palupi, mengatakan Super Hafiz merupakan boneka generasi kelima dari seri Hafiz Talking Doll yang telah diluncurkan sejak 2014 lalu. 
"Super Hafiz merupakan boneka pertama yang menggunakan teknologi AI sehingga bisa menjadi media belajar yang menarik bagi anak-anak," ujarnya,  Senin (28/10/2019).
Melalui kecanggihan AI,  Super Hafiz dapat berinteraksi dengan anak-anak sebagai teman bermain maupun belajar, bahkan mampu menjawab apapun pertanyaan yang diajukan oleh anak.
Mulai dari menjawab salam,  pertanyaan umum,  ilmu pengetahuan agama,  ilmu pengetahuan umum, hingga berhitung. 
Namun,  untuk dapat memanfaatkan kecerdasan buatan tersebut,  Super Hafiz harus dimainkan dengan  menggunakan koneksi WiFi (internet).
Meski demikian, Suoer Hafiz juga dapat dimainkan secara offline tanpa harus menggunakan WiFi untuk mendapatkan konten Islami seperti nama-nama malaikat, sirah nabawiyah, murottal Al-Quran, lagu islami, dan dongeng.
Meski terkoneksi dengan internet, orangtua tidak perlu khawatir dengan konten negatif yang tidak ramah anak seperti pornografi dan kekerasan. "Sebab, kami sudah memfiltrasi dan menyaring boneka Super Hafiz hingga tetap aman bagi anak," tuturnya.
Super Hafiz cocok untuk anak mulai dari bayi baru lahir hingga umur 7 tahun.
"Untuk mengajarkan hal positif dengan boneka ini, bisa dilakukan saat anak mau tidur, karena saraf lebih menangkap," paparnya. 
Boneka ini menggunkan material dan cat yang aman bagi anak-anak, dan dilengkapi speaker yang berkualitas. Oleh karena itu, Super Hafiz dibanderol mulai dari Rp1,6 Juta. Saat ini masih dilakukan pre-order di beberapa e-commerce ternama. 
"Kita baru jual itu nanti tanggal 20 November," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro