Tips Menciptakan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja

Hubungan kerja penting untuk membangun karier dan menemukan kepuasan dalam pekerjaan Anda. Untuk mempelajari cara mengembangkan hubungan kerja yang positif, Anda harus mau mendengarkan rekan kerja, berkomunikasi secara terbuka, dan menghargai diri sendiri dan rekan kerja Anda.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 November 2019  |  13:10 WIB
Tips Menciptakan Hubungan Harmonis dengan Rekan Kerja
Ilustrasi - Popsugar

Bisnis.com, JAKARTA - Hubungan kerja penting untuk membangun karier dan menemukan kepuasan dalam pekerjaan Anda. Untuk mempelajari cara mengembangkan hubungan kerja yang positif, Anda harus mau mendengarkan rekan kerja, berkomunikasi secara terbuka, dan menghargai diri sendiri dan rekan kerja Anda.

Membangun hubungan kerja yang positif juga melibatkan kompromi dan mengenal rekan kerja sebagai individu. Ada banyak manfaat membentuk hubungan kerja yang positif. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif. Berikut contohnya seperti dilansir dari Wikihow.com :

1. Berkomunikasi secara efektif

Dasar dari setiap hubungan yang baik adalah komunikasi yang solid. Apakah Anda berkomunikasi melalui email, telepon, atau tatap muka, Anda ingin memastikan bahwa Anda berkomunikasi dengan jelas dan efektif dengan rekan kerja Anda. Hubungan yang baik bergantung pada komunikasi yang terbuka dan jujur.

2. Hargai keanekaragaman

Penting untuk diingat bahwa setiap orang berbeda. Setiap orang yang bekerja dengan Anda membawa atribut yang berbeda ke tempat kerja Anda. Meskipun mereka mungkin bukan tipe orang yang Anda kenal, cobalah untuk fokus pada karakteristik positif mereka.

3. Kembangkan rasa saling menghormati

Saling menghormati berarti Anda menunjukkan rasa hormat kepada kolega Anda dan mereka membalas. Temukan cara untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar menghargai kontribusi kolega Anda di tempat kerja Anda. Biarkan mereka tahu bahwa Anda menganggap mereka (dan pekerjaan mereka) penting.

4. Berhati-hatilah

Menjadi mindful berarti melatih tingkat kesadaran yang lebih dalam. Perhatikan kata-kata dan tindakan Anda dengan cermat. Jika Anda bertindak atau berbicara tanpa berpikir, Anda mungkin merusak hubungan kerja tanpa menyadarinya. Cobalah memikirkan kata-kata Anda sebelum benar-benar mengucapkannya.

5. Kenali rekan kerja Anda

Salah satu cara terbaik untuk membangun hubungan positif adalah meluangkan waktu untuk belajar tentang orang lain. Lain kali Anda datang lebih awal ke rapat, luangkan waktu sebentar untuk mengobrol dengan orang-orang di sekitar Anda. Obrolan ringan mungkin tidak terlalu banyak, tetapi sebenarnya dapat membantu Anda menemukan hal-hal yang sama dengan teman kantor Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Sumber : wikihow

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top