Ilustrasi/Thelinenfactory
Relationship

3 Cara Simple Lebih Sehat di Tahun Baru

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 13 Desember 2019 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jelang tahun baru 2020, apakah Anda merasa kelelahan fisik dan mental?

Iya, banyak orang merasa kehabisan energi saat mereka menjalani aktivitas. Sehingga terkadang Anda merasa terlalu banyak melakukan aktivitas namun hasil yang diharapkan tidak maksimal.

“Seringkali kita berupaya keras untuk melayani orang lain, sehingga kita dapat mengabaikan apa yang kita butuhkan sendiri,” jelas Tom Rath, penulis Eat, Move, Sleep, seperti dikutip dari psychologytoday.com.

Padahal, ketika orang merasa kehabisan energi, Anda cenderung kurang efektif di tempat kerja dan di rumah."

Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa ketika tingkat energi Anda tinggi, Anda tiga kali lebih mungkin terlibat dalam pekerjaan Anda, dan menjadi yang terbaik bagi orang lain. Kenyataannya adalah bahwa jika Anda ingin membuat perbedaan untuk orang lain, pertama-tama Anda harus menjaga kesehatan dan energi Anda sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa makan, bergerak, dan tidur nyenyak adalah kunci untuk memiliki lebih banyak energi fisik dan emosional sepanjang hari Anda, dan dapat bertindak sebagai penyangga terhadap stres. Ketika Anda makan, bergerak, dan tidur nyenyak, Anda bisa melakukan lebih banyak untuk orang lain.

Tom menunjukkan bahwa penting untuk menangani masing-masing area ini secara bersamaan, karena membiarkan satu area terpeleset dapat menyebabkan spiral energi yang negatif. Misalnya, tidur malam yang buruk dapat menyebabkan Anda melewatkan latihan di gym dan mengambil camilan gula tinggi dari mesin penjual otomatis di kemudian hari. Di sisi lain, melakukan salah satu dari hal-hal ini - makan, bergerak, atau tidur - dapat menyebabkan spiral ke atas di dua area lainnya.

Kabar baiknya adalah bahwa mengubah cara Anda makan, bergerak, dan tidur tidak selalu membutuhkan rencana besar, tetapi bisa mulai dengan pilihan kecil berikutnya yang Anda buat di hari Anda. Tom menyarankan untuk mencoba:

Makan dengan Bijak

Membuat pilihan yang lebih baik tentang apa yang Anda makan dapat meningkatkan energi dan suasana hati Anda. Makanan yang sangat diproses dan termasuk gula atau asam trans-lemak dapat memiliki dampak negatif, sedangkan ketika Anda makan lebih banyak sayuran berdaun hijau, buah-buahan utuh, dan makanan utuh, Anda lebih cenderung merasa lebih tenang dan lebih bahagia dan memiliki lebih banyak energi. Studi juga menunjukkan peningkatan asupan protein Anda sementara, pada saat yang sama, mengurangi karbohidrat, meningkatkan kesehatan Anda seiring waktu.

Bergerak Secara Reguler

Tidak bergerak dengan baik adalah salah satu masalah kesehatan publik global terbesar, dan ini termasuk aktivitas fisik yang tidak cukup, serta terlalu banyak duduk. Ketika kita duduk untuk waktu yang lama, aktivitas listrik di kaki kita mati, dan itu dapat melakukan lebih banyak kerusakan akumulatif daripada tidak mendapatkan 30 menit aktivitas kardiovaskular setiap hari. Bergerak secara teratur, dalam aktivitas kecil, meningkatkan energi fisik Anda, dan juga dapat membantu Anda berpikir lebih baik.

Tidur Nyenyak

Sangat penting untuk melihat setiap jam tidur sebagai investasi di masa depan Anda, bukan biaya. Sayangnya, banyak dari kita telah mengalami budaya di mana Anda mendapatkan hak membual tentang betapa sedikit tidur Anda dapat bertahan hidup. Namun, kehilangan waktu tidur selama 90 menit dapat menghabiskan biaya hingga sepertiga dari produktivitas Anda pada hari berikutnya, dan dapat mengurangi kompetensi dan kreativitas Anda dalam rapat sore. Seiring waktu, kurang tidur secara konsisten bisa berbahaya, karena efeknya mirip dengan mabuk saat Anda menjalani pekerjaan dan kehidupan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : psychology today
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro