Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terjebak dalam Perselingkuhan ? Begini Jalan Keluarnya

Terkadang orang memiliki perasaan terhadap orang ketiga bahkan setelah menikah.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 Desember 2019  |  14:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Terkadang orang memiliki perasaan terhadap orang ketiga bahkan setelah menikah.

Bagi sebagian orang, perasaan ini bisa diatasi dan dihilangkan, tapi ada juga yang kemudian tidak bisa menahannya sehingga menimbulkan perselingkuhan dari pasangan.

Tindakan perselingkuhan seperti itu dapat membawa kebahagiaan jangka pendek, tetapi pada saat yang sama akan membuat orang yang terlibat membayar harga yang lumayan besar sehingga mungkin membahayakan hubungan dan pernikahan mereka.

Dan begitu seseorang menyadari kesalahannya, mungkin tidak mudah untuk mengakhiri hubungan perselingkuhan tersebut. Jika Anda mengalami situasi yang sama atau mengetahui seseorang menghadapi hal yang sama, inilah sedikit bantuan untuk menciptakan jalan keluarnya.

Temukan penyebab perselingkuhan

Dalam kebanyakan kasus, perselingkuhan merupakan gejala dari masalah dalam pernikahan. Oleh karena itu penting untuk mengungkap masalah mendasar dalam pernikahan yang mungkin mendorong pasangan untuk terlibat dalam perselingkuhan.

Beritahu pasangan Anda

Sekarang, ini adalah tahap paling sulit dalam mengatasi perselingkuhan, haruskah Anda memberi tahu pasangan Anda tentang hal itu? Menurut banyak orang, yang terbaik adalah memberi tahu suami atau istri tentang hal itu, tetapi kemudian Anda juga perlu mempertimbangkan apakah akan semakin memperburuk masalah dalam pernikahan Anda?

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan apakah ini saat yang tepat untuk memberi tahu pasangan Anda tentang hal itu atau harus memilih waktu yanag tepat bagi Anda untuk mengakui kepada pasangan Anda tentang kesalahan Anda.

Batasi semua interaksi

Setelah Anda memutuskan untuk mengakhiri perselingkuhan, Anda harus membatasi semua interaksi dengan kekasih Anda setelah membiarkan dia tahu tentang keputusan Anda. Kami dapat memahami itu mungkin hal yang paling sulit untuk dilakukan, tetapi itulah jenis permulaan yang akan mendorong Anda memutuskan perselingkuhan.

Terima tanggung jawab

Satu langkah besar ini akan memudahkan semua orang untuk melupakan masa lalunya. Pihak yang berselingkuh harus menerima tanggung jawab dan harus benar-benar menyesal dan meminta maaf tentang tindakannya. Pada saat yang sama, pasangan yang dikhianati juga harus menerima masalah, jika ada, dalam pernikahan mereka dan melakukan upaya bersama untuk membuat hubungan mereka berhasil.

Melupakan masa lalu

Tujuan utama mengakhiri perselingkuhan adalah untuk melupakan masa lalu. Dalam banyak kasus, pasangan yang terkhianati kerap melabrak pasangan selingkuhannya sehingga menimbulkan permasalahan baru.

Jalan terbaik adalah melupakan masa lalu dan menghapuskan semua masalah serta berusaha menciptakan perbaikan baru dalam hubungan.

Tumbuhkan kembali kepercayaan

Ketika terjadi perselingkuhan, pastinya akan muncul masalah ketidak percayaan. Karena itu, pihak yang berselingkuh ada baiknya segera memperbaiki diri dan berupaya menumbuhkan kepercayaan diri dari pasangannya.

Mengakhiri perselingkuhan bukanlah tugas yang mudah. Tetapi begitu Anda memutuskan, jangan ragu untuk menindaklanjutinya dan jika perlu mengambil bimbingan dari penasihat pernikahan atau ahli.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

selingkuh
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top