Warga berupaya mengeluarkan sampah yang masih menyumbat saluran air di kawasan Karet Pasar Baru Timur, Jakarta Pusat, Kamis (2/1/2020)./Bisnis-Rayful Mudassir
Health

Muntaber Hingga Eczema Kulit Mengintai Selama Musim Hujan

Ria Theresia Situmorang
Senin, 6 Januari 2020 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kita harus tetap waspada terhadap potensi curah hujan yang masih tinggi dalam beberapa bulan ke depan, meski air genangan banjir perlahan sudah surut.

Kewaspadaan harus dilakukan dari berbagai aspek, mulai dari keamanan rumah, aset, dan yang lebih penting lagi adalah kesehatan keluarga di rumah.

dr. Vian Setyawan, Kepala IGD RS Awal Bros Bekasi Barat memberikan informasi terkait dengan potensi penyakit yang dapat timbul pada musim hujan dan banjir, dikutip dari siaran persnya.

Banjir dapat dipastikan menyebabkan higienitas lingkungan menjadi buruk. Lingkungan yang banyak genangan air juga menjadi lahan yang baik sebagai perkembangbiakan nyamuk.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan potensi muntaber, leptospirosis, demam dengue, infeksi saluran pernapasan, dan eczema kulit. 

Perlu diperhatikan bahwa penyakit tersebut dapat saling menularkan. Infeksi pencernaan seperti muntaber atau typhoid dapat muncul dari konsumsi makanan atau minuman yang tercemar.

Infeksi pernapasan dapat menular dari batuk atau pilek melalui udara. Infeksi dengue dapat menular karena virus dengue dengan mudah tersebar akibat banyaknya nyamuk sebagai sarana pembawa virus tersebut.

Kondisi tersebut jika tidak tertangani dengan baik dapat menyebabkan berbagai dampak kesehatan yang buruk seperti muntaber dapat menyebabkan dehidrasi berat, dengue dapat menyebabkan perdarahan organ dalam, leptospirosis menyebabkan infeksi otak, dan infeksi saluran napas dapat menyebabkan sesak napas berat. Kondisi terminal tersebut dapat menyebabkan kematian.

Untuk mencegah penyakit tersebut, melakukan pemeliharaan rutin pada sistem sanitasi wajib dilakukan tanpa menunggu musim hujan tiba. Jika sampai musim hujan tiba, apalagi jika banjir melanda, risiko terkena penyakit-penyakit di atas akan jauh lebih tinggi.

Banjir merupakan suatu bencana alam. Perlu ketanggapan dan kerja sama berbagai pihak dalam mengantisipasi banjir.

Sebaiknya masyarakat mengetahui tempat pengungsian yang mudah dicapai dan aman dari bencana, baik untuk pengungsi maupun tenaga bantuan.

Biasakan untuk menyediakan persediaan papan sandang pangan yang layak dan mengetahui posko medis untuk penanganan pertama serta transportasi untuk penanganan medis lanjut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan pasca bencana banjir melanda:

  1. Menjaga kebersihan

    Segera bersihkan dan keringkan rumah untuk mencegah pertumbuhan jamur serta bersihkan barang-barang yang sempat terendam. Jangan lupa bersihkan barang-barang dengan campuran yang mengandung anti-bakteri. Tutupi wadah air dan keringkan genangan untuk mencegah perkembangan nyamuk.

  1. Menjaga kesehatan

    Obati luka-luka yang terbuka dengan antiseptik dan tutup luka tersebut agar cepat mengering. Perhatikan higienitas dan batas kadaluarsa makanan atau minuman. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan.

  2. Menjaga keselamatan

    Pastikan barang-barang yang menggunakan listrik dalam kondisi layak digunakan sebelum menyalakan aliran listrik rumah untuk mencegah tersetrum atau kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro