Petugas Kantor Pelabuhan Palembang memeriksa suhu tubuh penumpang di Bandara SMB II Palembang menggunakan thermal scanner./Bisnis - Dinda Wulandari
Health

Ini Tip Tangkal Virus Corona Menurut Menkes Terawan

Muhammad Khadafi
Rabu, 29 Januari 2020 - 10:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa kunci utama menangkal virus corona jenis baru adalah imunitas tubuh. Oleh karena itu menjadi penting untuk menjaga pola makan, gaya hidup, dan istirahat yang cukup.

“Kalau kita itu imunitasnya baik, maka virus itu kan lawannya hanya imunitas tubuh, bukan vaksinasi bukan apa, tapi imunitas tubuh,” kata Menkes dalam Rapat Terbatas di Kantor Presiden, Selasa (28/1) sore, dipantau dari laman resmi Setkab, Rabu (29/1/2020).

Menkes juga menyarankan agar masyarakat menjaga hidrasi tubuh dengan cukup minum. Selain itu menghindari terlalu banyak bekerja lembur untuk menghindari imunitas turun sembari olahraga secara teratur. “Jadi semuanya harus terukur, jaga imunitas kita untuk siap-siap melawan virus,” tambah Menkes.

Terkait antisipasi penanganan penularan virus corona, Kemenkes telah menyiapkan 21 kapsul evakuasi yang tersebar di 19 daerah. Kapsul evakuasi tersebut ditempatkan di pintu masuk yang memiliki kecenderungan tinggi pendatang dari China sampai di Indonesia. Kapsul evakuasi akan digunakan untuk membawa terduga pasien menuju rumah sakit.

Sementara itu hingga berita ini diturunkan, Menkes menyebutkan tidak ada pasien yang positif terjangkit corona. Namun sejumlah pasien di beberapa daerah tengah diperiksa, hasil pemeriksaan akan dibeberkan kepada publik.

Menkes mengatakan bahwa posisi pasien-pasien tersebut tersebar di beberapa daerah seperti Bandung, Cirebon, Jambi, dan Manado. “Staf-staf saya sudah mendatangi semua. Di Manado juga masih dirawat, nunggu satu-dua hari kalau hasilnya keluar maka diputuskan,” ujar Terawan.

Adapun di Jakarta, Menkes menyebut 3 rumah sakit yakni RS Sulianti Saroso, RSPAD, dan RS Persahabatan yang memiliki fasilitas mencukupi untuk megantisipasi pasien terduga terinfeksi virus corona.

Ketiga rumah sakit itu memiliki chamber ketahanan negatif, ICU ketahanan negatif, dan punya gedung-gedung isolasi, satu di antaranya dapat menampung hingga 200 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro