Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Jokowi: Menjaga Kesehatan Juga Tugas PUPR

Kementerian PUPR menurut Presiden Jokowi juga berperan dalam bidang kesehatan yang selama ini menjadi tugas Kemenkes.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  15:46 WIB
Presiden Joko Widodo  - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo - ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, BANDUNG - Kementerian  PUPR menurut Presiden Jokowi juga berperan dalam bidang kesehatan yang selama ini menjadi tugas Kemenkes.

Presiden mengatakan bahwa tugas menjaga kesehatan meliputi pencegahan penyakit bukan hanya tugas Menteri Kesehatan (Menkes), tapi juga merupakan tugas Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Menjamin kesehatan masyarakat itu bukan hanya urusan dokter, bukan hanya urusan Menkes, bukan hanya Kepala Dinas Kesehatan. Tapi juga urusannya Menteri PUPR, Dinas PU," kata Joko Widodo dalam acara Gerakan Bersama Eliminasi Menuju Eliminasi TBC di Cimahi Techno Park, Kota Cimahi, Rabu (29/1/2020).

Menurut Presiden hal yang paling penting daripada mengobati penyakit ialah pencegahan penyakit. Karena menurutnya penyakit bisa menjadi penghambat program sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

Maka, kata Presiden, upaya menjaga kesehatan itu perlu didukung dari berbagai aspek, termasuk aspek lingkungan yang juga menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR.

"Infrastruktur fisik harus menjamin kesehatan masyarakat baik itu drainase yang lancar, yang tidak mampet, akan menjadi juga hal yang penting. Pengelolaan sampah menjadi dan penyediaan air bersih itu juga jadi hal yang sangat penting," kata dia.

Menurut  Presiden sangat disayangkan apabila suatu daerah memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi, namun tingkat masyarakat yang terkena penyakit, khususnya TBC juga tinggi.

Untuk itu, menurut Presiden  pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) adalah aset yang penting dalam rangka pencegahan wabah penyakit di masyarakat.

"Puskesmas itu pusat kesehatan masyarakat, bukan pusat pengobatan masyarakat. Puskesmas itu menyehatkan masyarakat, artinya Puskesmas itu dirancang untuk mencegah penyakit," kata Presiden.

"Jadi jangan ada Puskesmas yang bangga karena pendapatannya banyak, keliru itu," tambahnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Presiden Joko Widodo

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top