Ilustrasi kanker darah/Istimewa
Health

Pahami Jenis Pengobatan Kanker

Nirmala Aninda
Kamis, 30 Januari 2020 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kenali berbagai jenis penyakit, diagnosa hingga penanganan yang tepat pada jenis kanker. Pengenalan dan penanganan yang tepat bakal memulihkan pasien dengan cepat.

Ahli Hematologi Onkologi Medik RSCM, Ikhwan Rinaldi, mengatakan pengobatan pada kanker dapat dibagi menjadi 2 bagian besar yakni pengobatan lokal dan pengobatan sistemik. Pengobatan lokal yang sering menjadi cara pengobatan kanker adalah operasi dan radiasi.

Prosedur penanganan local hanya dapat dilakukan pada sel kanker yang bersifat padat dan belum tersebar ke organ atau jaringan tubuh yang lain.

Sementara itu, pengobatan sistemik adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara memasukkan obat ke dalam tubuh melalui mulut dengan cara ditelan dan bisa juga dimasukkan ke dalam pembuluh darah melalui suntik atau infus. Contohnya seperti kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Ikhwan menuturkan bahwa pengobatan kanker juga memiliki berbagai target tergantung pada stadiumnya.

"Umumnya pengobatan kanker bersifat paliatif jika kanker telah menyebar jauh yaitu meningkatkan kesintasan atau survival pada pasien. Makin dini diketahui [belum menyebar] dan diobati maka kesintasan atau survivalnya makin panjang bahkan dapat sembuh total," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (30/1).

Pengobatan kanker mendatangkan efek samping. Umumnya pasien yang melakukan prosedur pengobatan akan mengalami mual, pusing, muntah, dan stamina menurun.

Perjalanan pengobatan kanker modern telah berlangsung sejak 1900-an, di mana prosedur radiotherapy pertama kali diterapkan menggunakan x-ray.

Penyakit kanker terjadi karena adanya perubahan perubahan genetik sel tubuh yang terakumulasi dan menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah sel yang baru dan jumlah sel yang mati.

Sel kanker ini kemudian akan membentuk menjadi neoplasma atau tumor yang bersifat ganas karena dapat merusak jaringan tubuh normal seperti hati, paru-paru, tulang, dan otak hingga menyebar ke jaringan tubuh lainnya.

Faktor-faktor yang berperan dalam pembentukkan sel kanker antara lain mutasi gen, virus, radiasi sinar UV, rokok, zat kimia, dan pembelahan sel (cells dividing).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro