Kenali 5 Jenis Introvert Ini

Seorang introvert memiliki cara sendiri untuk menemukan dan menikmati dunianya.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 08 Februari 2020  |  10:13 WIB
 Kenali 5 Jenis Introvert Ini
Ilustrasi - Mencintai diri sendiri - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Bagaikan warna, ada yang suka menyendiri, bersosialisasi, bahkan keduanya.

Umumnya, ada 3 kepribadian yang dikenal masyarakat. Antara lain introvert yang diartikan bahwa individu tersebut sering menutup diri dari dunia luar dan lebih pemilih dalam berteman.

Kemudian ekstrovert yang menjadi kebalikan dari introvert. Kepribadian ini terbilang sangat aktif, senang bergaul, dan sering merasa bosan jika sendirian. Terakhir, ambivert yang memiliki ciri-ciri dari introvert dan ambivert.

Namun ternyata, introvert sendiri terdiri dari 5 jenis. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Psychology Today :

1. Introvert sosial

Tipe introvert ini bukan berarti mereka enggan bersosialisasi. Mereka tetap mempunyai teman namun dalam jumlah yang terbatas dan sangat pemilih.

2. Introvert berpikir

Mereka yang masuk ke dalam tipe ini lebih bijaksana dalam mengatur waktu kesendiriannya. Ketika sendiri, mereka akan melakukan sesuatu yang kreatif dan imajinatif.

Mereka memiliki karakter seperti introspektif, bijaksana, dan reflektif diri. Dalam sebuah wawancara, Profesor Cheek mengatakan kepada Dahl bahwa introvert ini "mampu tersesat di dunia fantasi internal, tetapi tidak dengan cara neurotik, itu dalam suatu cara imajinatif dan kreatif.

Jenis ketiga introvert yang telah dibahas Jonathan Cheek lebih banyak ditentukan oleh gaya melakukan daripada berpikir. Mereka adalah "Introvert Tertahan," yang mengambil langkah-langkah lebih lambat. Para sarjana yang mempelajari temperamen menggambarkan orang-orang tertentu sebagai "lambat untuk melakukan pemanasan." Introversi yang tertahan menurut saya sama.

3. Introvert yang terkendali

Introvert tipe ini selalu berpikir sebelum mereka berbicara atau bertindak, dan mungkin perlu waktu untuk melanjutkan.

4. Introvert yang suka memikirkan segalanya

Mereka yang dikategorikan dalam kelompok ini kerap mencari tahu semua fakta sebelum membuat keputusan. Introvert ini tak mau mengambil risiko sebelum melakukan penelitian dan evaluasi yang cermat.

5 Introvert yang tidak ingin stimulasi terlalu banyak

Mereka tidak suka tempat yang ramai sehingga membuat tidak fokus. Introvert tipe ini lebih suka melakukan pekerjaan di lingkungan yang tenang.

Apakah anda memiliki semua sifat introvert itu atau hanya sebagian?

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kesehatan jiwa

Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top