Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sakit Maag, Hindari 5 Makanan Ini

Sakit maag muncul karena adanya gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, makanan pedas dan berminyak serta berlemak.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  18:04 WIB
Lambung dan gangguan maag - stomachpicture.com
Lambung dan gangguan maag - stomachpicture.com

Bisnis.com, JAKARTA – Makan tidak teratur dan pola hidup yang tidak sehat menjadi faktor penyebab sakit maag. Namun, 5 makanan ini wajib dihindari bagi Anda yang memiliki maag kronis.

Maag atau dyspepsia adalah sakit yang diakibatkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu cepat, stres, mengonsumsi obat tertentu, dan menderita penyakit tertentu.

Sakit maag juga bisa dihubungkan dengan gaya hidup yang tidak sehat misalnya merokok, mengonsumsi alkohol, makanan pedas dan berminyak serta berlemak. Beberapa jenis pemicu lain adalah minuman bersoda, berkarbonasi, dan berkafein seperti teh dan kopi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Bisnis.com, ini 5 makanan yang wajib dihindari khususnya oleh penderita maag;

1. Makanan pedas

Bagi anda yang menyukai makanan pedas, anda perlu mengurangi pola konsumsi makanan ini karena dapat meningkatkan risiko iritasi pada saluran pencernaan. Jika anda sudah mengidap sakit maag atau gangguan pencernaan, maka anda diwajibkan memilih makanan lembut dan menghindari makanan pedas.

2. Makanan dan minuman asam

Bagi penderita maag, anda juga perlu menghindari makanan atau minuman sejenis jeruk, lemon, limau, saus tomat, serta minuman berkarbonasi atau bersoda dengan sifat asam. Sejumlah makanan dan minuman tersebut memang berpotensi menyebabkan masalah pencernaan.

3. Produk olahan susu

Makanan atau minuman olahan susu yang mengandung laktosa memang lebih sulit dicerna oleh tubuh. Alhasil, ketika laktosa tidak dapat dicerna dengan baik perut akan menjadi kembung, menghasilkan gas berlebih, dan menyebabkan diare.

Oleh sebab itu, meski kalsium dalam kandungan susu juga sangat diperlukan oleh tubuh, namun anda perlu memanajemen pola makan serta dalam mengonsumsi susu. Anda juga bisa memilih opsi produk pengganti susun untuk mencukupi nutrisi tubuh anda.

4. Makanan dan minuman manis

Tak hanya yang pedas, makanan dan minuman dengan kadar yang terlampau manis juga bisa memicu maag loh! Kandungan fruktosa yakni pemanis buatan bisa menyebabkan maag karena tak sepenuhnya bisa dicerna dan diserap tubuh mencapai usus.

5. Alkohol dan kafein

Dua jenis minuman ini punya potensi menyebabkan maag. Pasalnya, minuman beralkohol berbahaya bagi lapisan lambung dan metabolisme hati. Sementara minuman berkafein, merangsang saluran pencernaan sehingga memperburuk gejala maag.

Demikian, lima jenis makanan yang perlu dihindari penderita maag. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengecekan pada komposisi makanan sebelum menyantapnya. Jangan lupa, penderita maag juga harus mengunyah makanan secara perlahan. Jika maag anda terasa semakin sering kambuh, jangan lupa segera berkonsultasi ke dokter.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sakit
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top