Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Fashion

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 13 Februari 2020 - 08:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp aplikasi pengiriman pesan telah menjadi bagian dari komunikasi digital yang utama saat ini. 

Hampir semua orang terutama di Indonesia memakai layanan ini. Selain lebih murah daripada SMS, aplikasi yang dimiliki oleh Facebook ini juga memiliki beragam fitur seperti telepon, voice note, dan video call.

Hari ini, pengguna WhatsApp telah mencapai 2 miliar orang. WhatsApp juga menyatakan memberikan perlindungan pada penggunanya melalui enkripsi unjung-ke-ujung (end-to-end encryption)*. Enkripsi ujung-ke-ujung* berarti tidak ada orang lain selain kamu dan orang yang berada dalam percakapan yang dapat membaca atau mendengar konten pesan tersebut, bahkan WhatsApp sekalipun.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai enkripsi ujung-ke-ujung*, dan untuk mengetahui fitur-fitur privasi dan keamanan dari WhatsApp, pengguna dapat mengunjungi situs privasi WhatsApp yang baru di WhatsApp.com/privacy. Situs ini menunjukkan seberapa mudah Anda dapat memahami dan menyesuaikan pengalaman Anda di WhatsApp serta untuk mendapatkan kontrol penuh terhadap pengaturan privasi dan keamanan.

Berikut adalah 5 Tips Keamanan di WhatsApp :

1. Verifikasi Dua Langkah

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

Verifikasi Dua Langkah memberikan keamanan tambahan yang mengharuskan Anda untuk memasukkan PIN enam digit saat mengatur ulang dan memverifikasi akun WhatsApp Anda. Fitur ini membantu untuk mencegah orang lain mengakses akun WhatsApp Anda apabila kartu SIM Anda dicuri atau nomor Anda rusak.

Mengatur fitur Verifikasi Dua Langkah sangat mudah, dan bisa ditemukan dalam tab ‘Akun’ dalam pengaturan WhatsApp. Klik di sini jika ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana mengaktifkannya.

Privasi Profil

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

Anda memiliki kewenangan untuk mengontrol informasi apa saja yang dapat dibagikan dengan orang lain dalam profil pribadi Anda di WhatsApp. WhatsApp memungkinkan Anda memutuskan dengan siapa Anda ingin membagikan informasi profil Anda - apakah itu semua orang, daftar kontak Anda, atau tidak ke siapa-siapa.

Kapan pun itu, Anda dapat membatasi fitur Terakhir Dilihat (Last Seen), Foto Profil, Tentang (About) dan Status dalam pengaturan privasi di WhatsApp Anda. Ketahui lebih lanjut bagaimana mengatur fitur ini pada iPhone dan Android. 

Pengaturan Privasi Grup

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

Pengaturan Privasi Grup memungkinkan Anda untuk mengontrol siapa saja yang dapat menambahkan Anda ke dalam grup WhatsApp, sehingga Anda dapat memilih obrolan dari grup mana yang diinginkan untuk menjadi bagian keseharian Anda.

Untuk mengaktifkannya, Anda dapat membuka Setelan/Pengaturan dalam aplikasi, lalu ketuk Akun > Privasi > Grup dan pilih salah satu dari ketiga opsi berikut: “Kontak Saya Kecuali”, “Kontak Saya”, atau “Semua Orang”. 

Opsi "Kontak saya" berarti hanya pengguna yang tercantum di buku alamat Anda yang dapat menambahkan Anda ke grup, sedangkan opsi "Kontak saya, kecuali..." memberikan kendali tambahan kepada Anda untuk menentukan siapa di antara kontak Anda yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Kunci WhatsApp Anda dengan Touch ID atau Face ID

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

WhatsApp menawarkan penggunanya memperoleh lapisan keamanan tambahan terhadap akunnya dengan Touch ID dan Face ID untuk iPhone, dan Sidik Jari untuk Android. 

Sebagaimana dengan aplikasi perbankan, Anda dapat memilih untuk secara otomatis mengunci Anda keluar dari aplikasi begitu Anda menutup aplikasi, atau setelah beberapa lama tidak aktif.

Perbarui aplikasi secara teratur

5 Tips Aman Pakai Aplikasi WhatsApp

WhatsApp senantiasa bekerja untuk meningkatkan kualitas layanan untuk para pengguna. Itu sebabnya banyak pembaruan yang melibatkan fitur keamanan baru lebih baik. Untuk memastikan standar keamanan Anda selalu terjaga, pastikan WhatsApp Anda diperbarui ke dalam versi terbaru yang tersedia.

Jika handphone Anda tidak memiliki opsi pengaturan pembaruan aplikasi secara otomatis, maka Anda secara manual harus memperbarui WhatsApp dengan cara mengunjungi App Store/Play Store pada handphone Anda, lalu telusuri kata ‘WhatsApp’, dan klik ‘Perbarui’.

Sebagai tambahan, Anda harus memastikan bahwa sistem operasi ponsel Anda selalu diperbarui untuk mendapatkan perlindungan keamanan terbaru dari Apple atau Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro