Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Para aktor, aktris, dan kru film Parasite berfoto bersama usai memenangkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik pada Minggu (9/2/2020). - Bloomberg
Premium

Parasite dan Kebangkitan Film Korea Selatan

17 Februari 2020 | 09:59 WIB
Setelah Parasite menggondol empat Piala Oscar 2020, film-film asal Korea Selatan lainnya akhirnya menjadi perhatian dunia.

Bisnis.com, JAKARTA — Keberhasilan Parasite, film yang disutradarai Bong Joon-ho, di gelaran Oscar tahun ini membuat film asal Korea Selatan menjadi sorotan dunia.

Film yang memotret kesenjangan sosial ini berhasil menyabet empat penghargaan yakni Best Picture, Best Original Screenplay, Best International Feature Film, dan Best Director. Parasite adalah film non Bahasa Inggris pertama yang menang kategori Best Picture dan Bong pun menjadi sutradara Korea Selatan (Korsel) pertama yang mendapatkan penghargaan sebagai sutradara terbaik.

Jauh sebelum menyutradarai Parasite, Bong bukanlah orang baru dalam perfilman negara Asia Timur itu. Beberapa film yang disutradarainya, seperti The Host dan Memories of Murder, sudah terlebih dulu sukses mengantarkannya sebagai sutradara yang patut diperhitungkan.

Kepopuleran Parasite memang tidak bisa dilepaskan dari konteks yang disajikan dalam film ini. Potret kesenjangan sosial yang digambarkan film yang berhasil meraup pendapatan kotor senilai US$165 juta ini juga terjadi di negara-negara lain.

Salah satu adegan dalam film Parasite./CJ Entertainment

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top