Investasi dari Hobi Koleksi Sneakers

Setiap sneakers memiliki sejarahnya masing-masing. Apalagi saat ini sneakers klasik menurutnya kembali naik daun.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 22 Februari 2020  |  16:09 WIB
Investasi dari Hobi Koleksi Sneakers
Ilustrasi. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Passion terhadap sneakers yang memiliki bentuk, warna, serta sejarah di setiap itemnya berubah menjadi hobi untuk mengoleksi.

Dayu Yudana Putra, anggota komunitas Indonesia Sneaker Team (IST), menuturkan saat masih duduk di bangku sekolah dasar (SD), diajak orang tuanya ke toko sepatu yang ada di Pasar Baru. Saat itu, Dayu juga mulai mengerti brand sneakers.

Passion untuk mengoleksi sepatu mulai ketika dirinya duduk di sekolah menengah pertama (SMA). Dia berupaya untuk membeli sepatu dengan uang sendiri dengan mengikuti kompetisi band dan basket. "Sampai saat ini koleksi sekitar 50-an (pasang sneakers)," katanya kepada Bisnis, beberapa waktu lalu.

Sepatu yang menurutnya paling mahal kala itu dan susah didapatkan yakni Nike Air Jordan 1 BMP keluaran 2009. Walaupun dia membeli second, Dayu sangat menghargai sejarah dari sepatu tersebut.

Tulisan #8 dan #24 yang merupakan nomor punggung Kobe Bryant pada sepatu pebasket Prawira Bandung Diftha Pratama saat bertanding melawan Satria Muda Pertamina pada seri ketiga IBL Pertamax 2020 di Britama Arena, Jakarta, Sabtu (1/2/2020)./Antara-Dhemas Reviyanto

Diketahui, Nike Air Jordan 1 ini khusus diciptakan untuk pemain basket Michael Jordan. Sneakers Air Jordan 1 yang asli, diproduksi untuk Michael Jordan pada 1984. Tapi baru diluncurkan ke pasaran tahun 1985. "Ngumpulin (uang) beli Nike Air Jordan 1. Saat itu paling mahal, Rp7 jutaan keluaran 2009," tuturnya.

Dia sepakat sneakers bukan hanya untuk koleksi tetapi juga investasi. Setiap sneakers memiliki sejarahnya masing-masing. Apalagi saat ini sneakers klasik menurutnya kembali naik daun.

Para pemburu sneakers biasanya memperhitungkan sejarah dari sepatu tersebut. "Kadang kalau ingin sepatu ada sejarahnya, yang jual pun kadang tahu," imbuhnya.

Dayu mengaku pernah untung Rp7 juta dari hasil penjualan sneakers. Itu ketika dia membeli Nike x Travis Scott Air Force 1 seharga Rp3 juta di sebuah mal, namun beberapa hari kemudian dijual kembali seharga Rp10 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepatu, basket

Editor : Miftahul Ulum
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top