Health

6 Manfaat Baby Spa untuk Anak Anda

JIBI
Selasa, 25 Februari 2020 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis salon untuk bayi menjamur karena diklaim manfaat baby spa baik untuk pertumbuhan bayi.

Idealnya, bayi mulai dibawa menikmati baby spa setelah berusia 4 bulan. Pada usia sebelum 4 bulan, bayi memang sudah bisa mencoba baby spa. Namun akan lebih baik jika bayi yang mencoba spa sudah bisa mengendalikan leher dan kepalanya.

Umumnya, baby spa terdiri dari dua komponen. Pertama adalah hidroterapi, yaitu meletakkan bayi di kolam kecil sembari mengenakan alat apung berbentuk donat di sekeliling leher mereka.

Durasi hidroterapi bervariasi rata-rata selama 20 menit. Pada saat berada dalam kolam, bayi bebas menggerakkan tangan dan kaki mereka dan bisa juga berinteraksi dengan bayi lain.

Komponen berikutnya dari baby spa adalah neonatal massage, yaitu memberikan pijatan pada bayi. Pijat bisa dilakukan oleh orang tua didampingi instruktur bersertifikasi, atau dilakukan oleh terapis khusus. Pijatan dilakukan secara perlahan dan lembut ke titik-titik khusus.

Harapannya, pijatan ini dapat menjadi stimulasi sistem pencernaan bayi dan membawa manfaat baby spa lainnya. 

Selalu ada kemungkinan bayi menolak pengalaman baby spa pertama mereka. Entah itu merasa asing dengan tempatnya, tidak kenal dengan orang sekitar, atau sedang tidak enak badan. Namun beberapa orang tua mengakui manfaat baby spa seperti:

1. Tidur lebih lelap

Meski tidak berhubungan dan belum terbukti secara ilmiah, bayi yang baru saja melakukan baby spa cenderung tidur lebih lelap. Bisa jadi, hal ini merupakan konsekuensi setelah bayi cukup banyak aktif bergerak saat berada dalam kolam atau merasa rileks setelah dipijat.

2. Memperkuat otot

Salah satu aktivitas dalam spa bayi adalah hidroterapi yang memberi ruang leluasa bagi bayi untuk menggerakkan otot mereka. Saat mengapung dalam air, bayi bisa menendang dan menggerakkan tangan sehingga memperkuat otot mereka.

3. Mengeksplorasi gerakan

Masih dari aktivitas hidroterapi, bayi bisa mengeksplorasi gerakan-gerakan baru untuk pertama kalinya dalam posisi tegak tanpa bantuan apapun. Selain itu, stimulasi taktil yang datang dari air saat bertemu kulit juga berdampak positif bagi sistem saraf pusat bayi.

4. Memperkuat sistem pernapasan

Adanya tekanan dari air ke dada bayi juga meningkatkan kemampuan bernapas lebih baik dan memperkuat sistem pernapasan bayi yang masih terus berkembang. Selain itu, air juga mengurangi efek gravitasi dalam sirkulasi vaskular dalam mengembalikan darah ke jantung.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Spa bayi juga baik untuk sistem pencernaan, utamanya dalam menyerap nutrisi dan membuat jadwal buang air menjadi teratur. Selain itu, tekanan hidrostatis dari air berpadu dengan gerakan bebas bayi membuat usus bergerak lebih aktif dan terbebas dari konstipasi.

6. Membangun kemampuan kognitif

Meski dilakukan saat bayi masih berusia dini sekalipun, manfaat baby spa sangat baik untuk perkembangan kemampuan kognitif bayi seperti belajar, berpikir, hingga memecahkan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro