Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menghitung Berapa Lama Sebenarnya Orang Bisa Merasakan Jatuh Cinta

Cinta memang abstrak dan unik, dan kadang di luar logika, tetapi ternyata butuh waktu seseorang untuk merasakan jatuh cinta pada orang lain.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Maret 2020  |  09:10 WIB
Ilustrasi - Sheckys
Ilustrasi - Sheckys

Bisnis.com, JAKARTA - Di kehidupan nyata Anda mendengar istilah cinta pada pandangan pertama. Hal ini juga yang diterjemahkan ke dalam novel atau film romansa cinta.

Tetapi, apakah sebenarnya memang orang bisa merasakan jatuh cinta secepat itu? Padahal dia belum mengenal baik orang tersebut, dan bahkan mungkin saja baru pertama kali melihatnya.

Cinta memang abstrak dan unik, dan kadang di luar logika, tetapi ternyata butuh waktu seseorang untuk merasakan jatuh cinta pada orang lain.

Berikut fakta-fakta mengenai kapan sebenarnya orang bisa mulai merasakan jatuh cinta pada lawan jenisnya seperti dikutip oleh Bolde.com:

1. Tidak ada jumlah waktu yang ditentukan

Semua orang merasakan cinta yang berbeda, sehingga sangat mustahil untuk memprediksi bagaimana dan kapan tepatnya reaksi kimia tersebut akan mulai memanas. Jatuh cinta bisa memakan waktu mulai dari beberapa detik hingga bertahun-tahun. Waktu bervariasi dari orang ke orang dan didasarkan pada berbagai faktor seperti usia, riwayat hubungan, tingkat keintiman yang terlibat, dan kematangan emosi.

2. Pria mengaku jatuh cinta lebih cepat dari wanita

Sebuah survei yang dilakukan oleh para peneliti mengungkapkan bahwa pria membutuhkan rata-rata 88 hari sebelum mereka mengakui perasaan cinta. Namun wanita membutuhkan waktu 134 hari untuk mengakui emosinya. Ini tidak berarti bahwa waktunya tidak bisa lebih pendek atau lebih lama. Yang penting adalah berfokus pada perasaan Anda dan mencoba menilai apakah itu nyata atau Anda baru saja terjebak dalam panasnya daya tarik. Cinta akan memakan waktu selama itu diperlukan dan Anda tidak harus berusaha untuk terburu-buru atau memaksanya.

3. Tidak ada jatuh cinta terlalu cepat

Anda mungkin terlihat aneh dan menyeramkan jika Anda memberi tahu seseorang yang baru saja Anda temui bahwa Anda jatuh cinta dengan mereka, tetapi itu tidak berarti perasaan Anda tidak benar. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dibutuhkan seperlima detik bagi otak Anda untuk melepaskan zat kimia yang menghasilkan perasaan jatuh cinta. Sekeras cinta pada pandangan pertama terdengar, sebenarnya ada bukti ilmiah untuk mendukungnya. Aneh, bukan?

4. Pemikir positif cenderung jatuh cinta lebih cepat

Pandangan hidup Anda bisa memengaruhi berapa lama Anda bisa jatuh cinta. Jika Anda cenderung melihat sisi baiknya, Anda cenderung memperhatikan dan menghargai kualitas yang membuat pasangan Anda layak untuk dicintai. Anda juga akan lebih terbuka terhadap pengalaman baru dan dengan mudah menyambut koneksi emosional yang lebih dalam. Pemikir positif akan memilih untuk melihat dan menerima perasaan yang berkembang untuk orang lain sebagai hal yang baik sementara orang yang sinis mungkin memerlukan sedikit lebih meyakinkan.

5. Anda dapat mempercepat waktu yang diperlukan untuk jatuh cinta

Ketika Anda secara sadar berusaha, Anda bisa menipu atau melatih pikiran Anda untuk jatuh cinta. Seorang teman saya mengikuti tes 36 Pertanyaan dengan seorang pria yang ditemuinya di Twitter dan mereka telah bersama lima tahun sekarang. Tes ini melibatkan saling mengajukan pertanyaan pribadi yang mendalam selama sekitar 45 menit, kemudian menyelesaikan berbagai hal dengan menatap mata masing-masing. Meskipun tidak dijamin membuat dua orang jatuh cinta, percobaan seperti itu berhasil bagi banyak orang.

6. Tergantung pada pengalaman masa lalu Anda dengan cinta

Jatuh cinta membutuhkan waktu bagi mereka yang pernah mengalami masa lalu yang buruk. Bagi sebagian orang, patah hati dari urusan sebelumnya membuat mereka berhati-hati dengan orang dan perasaan, sehingga butuh waktu lebih lama bagi mereka untuk jatuh cinta daripada orang biasa yang tidak berpegangan pada bagasi apa pun.

7. Seberapa sering Anda melihat pasangan Anda dapat menentukan lamanya waktu

Semakin Anda mengenal seseorang dan menghabiskan waktu bersama mereka, semakin mudah untuk menyukai mereka. Anda mulai membentuk ikatan dengan mereka yang tumbuh lebih ketat dari waktu ke waktu. Jadi jika Anda melihat orang yang Anda sukai atau seseorang yang sering Anda kencani, Anda mungkin akan jatuh cinta padanya lebih cepat. Jika Anda adalah tipe orang yang membutuhkan ruang, memiliki pasangan yang ingin bersama sepanjang waktu mungkin memiliki efek sebaliknya. Mungkin akan lebih lama jatuh cinta pada mereka

8. Tingkat kecerdasan emosional Anda dapat menentukan berapa lama.

Orang-orang yang berhubungan dengan perasaan mereka biasanya mengembangkan ikatan romantis lebih cepat daripada mereka yang tidak. Mereka juga cepat menyadari bahwa mereka telah jatuh cinta. Beberapa orang mungkin benar-benar jatuh cinta tetapi perlu waktu untuk menyadarinya karena mereka tidak memiliki pegangan yang kuat pada emosi mereka.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta

Sumber : Bolde.com

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top