Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Viral Video Pelecehaan Siswi, Ini Cara Didik Anak Agar Tak Jadi Pelaku Bullying

Psikolog Rosdiana Setyaningrum menyebutkan bahwa dari sisi orang yang melakukan perundungan sebetulnya masih bisa dididik dengan benar sedari kecil.
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  16:28 WIB
Ilustrasi - millardk12.org
Ilustrasi - millardk12.org

Bisnis.com, JAKARTA - Viralnya video pelecehan seksual terhadap seorang siswi SMA di media sosial membuat geram warga net. Pasalnya pelecehan tersebut dilakukan secara ramai-ramai kepada seorang siswi.

Psikolog Rosdiana Setyaningrum menyebutkan bahwa dari sisi orang yang melakukan perundungan sebetulnya masih bisa dididik dengan benar sedari kecil.

"Kita sebagai orang tua kalau mendidik anak harus tegas batasannya, mana yang boleh mana yang enggak dari kecil dibiasakan seperti itu, belajar bahwa semua tindakan yang dilakukan ada imbasnya. Jangan nggak apa-apa kok bercanda nanti didalam pikiran mereka nggak apa apa itu memang bercanda, atau saya akan melakukan sesuatu terhadap perempuan toh saya bisa bilang itu bercanda," ujarnya kepada Bisnis, Selasa (10/3/2020).

Rosdiana menambahkan ada juga beberapa poin yang bisa diajarkan oleh para orang tua seperti jangan cuma berani kalau beramai-ramai seperti begal ramai-ramai melakukan kejahatan pada orang itu contoh yang salah

"Satu lagi yang harus diajarin orang tua dari kecil itu saling menghormati, jangan misalnya mentang-mentang laki-laki bisa menghina perempuan atau perempuan bisa menghina laki-laki," tuturnya.

Ia menyayangkan kejadian ini bisa terjadi, karena tindakan mengeroyok orang memang dikategorikan kriminal. Apabila video ini diambil di kelas sangat disayangkan bahwa tidak adanya sistem perlindungan dari teman-teman yang lain atau pada gurunya.

Sebagai informasi, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), Bintang Puspayoga sudah mencermati dan merasa prihatin dengan video viral tentang perundungan (bullying) terhadap pelajar perempuan yang sangat meresahkan masyarakat. Kejadian tersebut diduga terjadi di salah satu institusi pendidikan di Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bullying
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top