Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jarang Bercinta Bikin Lebih Sering Stres dan Imunitas Menurun

Bercinta memiliki banyak manfaat buat kesehatan.
JIBI
JIBI - Bisnis.com 10 Maret 2020  |  08:35 WIB
Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett
Ilustrasi stres - Reuters/Paul Hackett

Bisnis.com, JAKARTA - Bercinta memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Fakta ini mungkin bisa memacu para lajang untuk segera berumahtangga dan yang baru bercerai atau pasangan meninggal untuk mencari pasangan baru.

Yang paling terpengaruh biasanya suasana hati. Namun, ada beberapa hal negatif yang juga muncul bila jarang berhubungan intim. Lalu, apa yang terjadi bila kita berhenti melakukan hubungan seks. The List memberikan jawabannya.

Lebih stres

Ada berbagai alasan yang membuat manusia stres. Namun, sebuah tulisan di Psychology Today menyebutkan pelepasan hormon endorfin selama berhubungan intim adalah salah satu cara untuk menekan stres dan kecemasan. Bukan hanya pelepasan endorfin yang bisa meredakan stres.

Berbagai gerakan pun dinilai mampu memberikan kesenangan yang membuat orang melupakan kecemasan. Menurut sebuah penelitian, pasangan yang rutin berhubungan intim memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibanding yang tidak melakukannya dengan rutin.

Kekebalan tubuh menurun

Rutin berhubungan intim juga baik buat kesehatan dan diklaim bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut Mayo Clinic, setiap kali pria dan wanita berhubungan intim maka hormon Dehydroepiandrosterone (DHEA) juga dilepaskan. Hormon inilah yang mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan bakteri, virus, dan kuman.

Akan tetapi, hormon itu baru terlepas bila kita mengalami orgasme. DHEA juga disebut sebagai hormon antidepresi, membuat kulit lebih indah, membantu memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit dengan lebih cepat, dan bahkan meningkatkan kemampuan belajar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

stres

Sumber : Tempo.co

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top