Traffic Streaming di Seluruh Dunia Naik 20 Persen Sepanjang Akhir Pekan

Sepanjang akhir pekan lalu, beberapa tempat yang biasanya ramai pengunjung terlihat sepi. Waktu yang dihabiskan di rumah ternyata dimanfaatkan para pelanggan layanan berbayar untuk menonton konten favorit mereka.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  10:52 WIB
Traffic Streaming di Seluruh Dunia Naik 20 Persen Sepanjang Akhir Pekan
Ilustrasi layanan streaming video. - Bloomberg/Daniel Acker

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah upaya untuk menekan penyebaran virus corona, sebagian besar orang dari seluruh dunia mengurangi aktivitas di luar rumah baik itu atas arahan otoritas maupun pilihan sendiri.

Sepanjang akhir pekan lalu, beberapa tempat yang biasanya ramai pengunjung terlihat sepi. Waktu yang dihabiskan di rumah ternyata dimanfaatkan para pelanggan layanan berbayar untuk menonton konten favorit mereka.

Menurut Wurl Inc., perusahaan yang menyajikan video dan iklan di televisi berbayar, mengatakan bahwa traffic atau lalu lintas pengguna pada layanan streaming meningkat tajam sepanjang akhir pekan.

Jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk streaming meningkat lebih dari 20% di seluruh dunia, termasuk lebih dari 40% di Austria dan Spanyol.

Para peneliti melihat ada peningkatan penggunaan atau aktivitas di layanan streaming berbayar seperti Netflix Inc. dan Twitch, jaringan game online milik Amazon.com Inc.

SensorTower melaporkan bahwa unduhan aplikasi Netflix melonjak 34% pekan lalu di Spanyol dan 57% di Italia.

"Meskipun streaming video jauh dari hal terpenting dalam agenda dunia, ini adalah industri yang secara tidak langsung akan melihat perubahan besar akibat krisis," kata CEO Wurl, Sean Doherty, seperti dikutip melalui Bloomberg, Rabu (18/3).

Di balik meningkatnya traffic streaming, bisnis kegiatan rekreasi dan hiburan mulai dari restoran, bioskop, pelaksanaan konser hingga acara olahraga runtuh akibat pandemi Covid-19.

Perusahaan-perusahaan media telah merombak strategi mereka untuk memenuhi permintaan yang meningkat dari orang-orang yang terjebak di rumah.

Universal Pictures, divisi studio raksasa Comcast Corp, akan menawarkan tiga film yang bisa disewa dan ditonton dari rumah sebelum film-film seperti 'The Invisibel Man', 'The Hunt', dan 'Emma' turun layar.

Sementara Walt Disney Co. akan merilis 'Frozen 2' pada layanan streamingnya beberapa bulan lebih cepat dari jadwal.

Industri lain yang akan merasakan dampak minimal dari krisis pandemi ini adalah industri video game. Penonton di Twitch, yang memungkinkan mereka melihat para pemain bersaing melalui siaran langsung, meningkat 10% dalam beberapa hari terakhir, sementara YouTube Gaming meningkat 15%.

Peningkatan jumlah penonton dapat mendatangkan lebih banyak pendapatan dari pengiklan atau sponsor yang ingin menjangkau audiens yang tertahan di rumah untuk beberapa pekan ke depan, kecuali, jika perusahaan-perusahaan itu juga memperketat ikat pinggang mereka di tengah krisis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
streaming

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top