Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Strategi Agar Kerja di Rumah Tetap Produktif

Agar bekerja dari rumah tetap produktif, yuk coba strategi yang dirilis dalam siaran resmi Pegipegi
Krizia Putri Kinanti
Krizia Putri Kinanti - Bisnis.com 19 Maret 2020  |  11:50 WIB
Ilustrasi - toplinestaffing.net
Ilustrasi - toplinestaffing.net

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah memberikan imbauan agar seluruh masyarakat bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Tindakan yang juga disebut dengan social distancing ini sangat dianjurkan untuk menghambat penyebaran pandemi virus Corona (COVID-19), yang sudah terbukti berhasil di negara-negara seperti Cina, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Menanggapi hal tersebut, sebagian besar perusahaan turut menerapkan kebijakan Work From Home (WFH) untuk para karyawannya.

Dengan adanya kebijakan tersebut, pastinya situasi dan kondisi bekerja dari rumah akan sangat berbeda dibandingkan saat Anda di kantor. Belum lagi, ada beberapa hal yang tentu dapat mengganggu efektivitas waktu kerja Anda di rumah.

Nah, agar bekerja dari rumah tetap produktif, yuk coba strategi yang dirilis dalam siaran resmi Pegipegi, Kamis (19/3/2020) :

1.Terapkan Jam Kerja Seperti Biasa

Walaupun bekerja dari rumah, Anda tetap harus menciptakan suasana kerja yang kondusif. Hal ini dapat dimulai dari mendisiplinkan diri dengan menyamakan jam kerja seperti biasanya. Waktu yang dihabiskan untuk perjalanan menuju kantor bisa Anda ganti dengan waktu untuk mempersiapkan diri sebelum kerja. Misalnya, membuat sarapan yang lebih bernutrisi, menikmati kopi favorit, bahkan menyelesaikan pekerjaan rumah yang penting.

Posisi duduk saat bekerja di rumah juga dapat membantu Anda menciptakan suasana yang kondusif. Hindari bekerja sambil bermalas-malasan di sofa, tempat tidur, atau bahkan sambil menonton film favorit seharian. Walaupun di rumah, mengenakan pakaian yang terlihat profesional juga dinilai dapat membantu mengubah suasana, lho.

2.Terus Bersosialisasi dengan Kolega

Bekerja dari rumah mengharuskan Anda terpisah sementara dengan kolega di kantor. Karena itu, media komunikasi memiliki andil besar dalam membangun suasana bekerja yang lebih efektif. Jadi, aktifkan nada dering telepon genggam, notifikasi email, atau aplikasi chatting internal agar komunikasi dapat terus berjalan dengan baik. Apalagi jika Anda diharuskan untuk meeting secara online, pastikan koneksi internet tidak terganggu sehingga meeting dapat berjalan lancar.

Di situasi seperti ini pun tidak ada salahnya jika harus berkomunikasi secara terus-menerus. Anda memang perlu memberikan update kepada tim tentang kegiatan yang sedang dikerjakan, bukan? Apalagi jika Anda harus melakukan koordinasi dengan tim lain terlebih dahulu. Pastikan Anda tidak tiba-tiba 'menghilang' alias tidak bisa dihubungi agar tidak terjadi miskomunikasi.

3 Komunikasikan dengan Orang Rumah

Tidak semua orang paham dengan konsep bekerja dari rumah, terutama anak-anak. Di sinilah peran komunikasi menjadi sangat penting. Segera beri tahu kondisi Anda kepada si kecil dan informasikan juga cara Anda akan melakukannya. Selanjutnya, Anda bisa membuat peraturan tentang jam berapa saja Anda tidak mau diganggu agar bisa lebih fokus dalam bekerja. Siapkan kegiatan yang bisa dilakukan oleh anak-anak, seperti menggambar, menulis, membaca, dan menonton film edukatif, agar mereka juga dapat menyibukkan diri sehingga Anda bisa memanfaatkan waktu lebih efektif.

Jika memungkinkan, Anda bisa meminta bantuan orang lain seperti pengasuh, orang tua, atau saudara yang tinggal serumah untuk menjaga si kecil terlebih dahulu. Setelah selesai, barulah Anda bisa dengan bebas menghabiskan waktu yang berkualitas bersama keluarga di rumah.

4 Istirahat Ya, Biar Lebih Fokus

Adanya perbedaan suasana bekerja di kantor dan rumah bisa membuat Anda lupa waktu. Oleh karena itu, luangkan juga waktu bekerja dengan beristirahat. Selain makan siang, Anda disarankan untuk melakukan stretching atau yoga di sela-sela waktu kerja. Bahkan, tidur siang selama maksimal 30 menit dinilai dapat membantu Anda agar lebih fokus saat melanjutkan pekerjaan.

Hindari juga berada di depan laptop atau komputer terus-menerus karena akan membuat mata menjadi lelah. Cara mengistirahatkan mata yang dianjurkan adalah dengan melihat pemandangan alami, terutama pepohonan hijau. Secara psikologis, warna hijau dinilai dapat membuat pikiran lebih tenang dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Tidak ada salahnya untuk dicoba, bukan?

5 Jangan Lupa Tetap Jaga Kesehatan

Di tengah pandemi yang sedang terjadi hampir di seluruh dunia ini, pastinya kita semua harus tetap menjaga kesehatan. Cara yang terbilang mudah untuk dilakukan, yaitu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, seperti sayur dan buah-buahan agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Hindari dulu makanan junk food, ya.

Suplemen tambahan seperti multivitamin sebaiknya terus Anda konsumsi setiap hari. Namun, jangan lupa untuk selalu mengimbanginya dengan minum air mineral sedikitnya 2 liter per hari. Saat bekerja di rumah, siapkan botol berisi air di dekat Anda dan jangan biarkan tenggorokan kering lebih dari 15 menit. Jika tubuh sehat, Anda pun bisa lebih produktif.

Jadi, selama apa pun social distancing dilakukan, semoga tips di atas dapat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Jangan lupa, perluas juga informasi Anda tentang COVID-19 agar tidak panik menghadapi situasi saat ini. Yang paling penting, jaga kesehatan dan kebersihan agar selalu terhindar dari berbagai penyakit!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Tips Karir
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top