Pembuatan disinfektan untuk melawan virus Corona/LIPI
Health

Lawan Corona di Jakarta, LIPI Produksi 8.000 Liter Disinfektan

Saeno
Minggu, 22 Maret 2020 - 15:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia berada di balik pengadaan 8.000 liter disinfektan untuk melawan virus Corona di Jakarta.

"Para peneliti dari Pusat Penelitian Kimia #LIPI melakukan produksi 8000 liter disinfektan di fasilitas Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia #LIPI di Serpong," demikian keterangan akun twitter LIPI, @lipiindonesia, yang dimonitor Minggu (22/3/2020) siang.

Masing-masing Pilot-Plant Laboratorium Pusat Penelitian Kimia LIPI itu memroduksi 4.000 liter disinfektan untuk kebutuhan dalam dan luar ruangan.
 
Untuk kebutuhan luar ruang dibuat campuran dengan basis air dan senyawa mengandung disinfektan. Sedangkan untuk dalam ruangan dibuat dengan berbasis etanol ethanol dan senyawa disinfektan.
 
"Disinfektan ini telah dikirim untuk kebutuhan penyemprotan Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta di jalan raya, stasiun MRT, dan fasilitas publik di Jakarta," ujar akun @lipiindonesia.

Seperti diketahui, hari ini lima wilayah Jakarta mengagendalan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik.

Penyemprotan di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor) dilakukan antara lain di sejumlah titik berikut:

Jakarta Pusat: Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Medan merdeka Timur, Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Gatot Subroto.

Jakarta Selatan: Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Antasari, Jalan TB Simatupang, Jalan RA Kartini Pasar Jumat dan Jalan Sisingamangaraja SMK 29 Penerbangan.

Jakarta Barat : Jalan S Parman, Jalan Daan Mogot, Jalan Kyai Tapa, Jalan Raya Tomang, Jalan Latumenteng.

Jakarta Utara : Jalan Yos Sudarso, Jalan Raya Kelapa Gading, Jalan Perintis Kemerdekaan dan Jalan Raya Plumpang.

Jakarta Timur : sepanjang Jalan Raya Bogor sampai dengan perbatasan Jalan Dewi Sartika, Jalan Otista Raya, Jalan Matraman Raya, Jalan Pramuka, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Pandjaitan.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Provinsi DKI Jakarta, Personel yang dilibatkan di tiap-tiap wilayah kota sebanyak 100 petugas pemadam kebakaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Saeno
Editor : Saeno
Sumber : LIPI
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro