Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hindari Keramaian Supermarket, Pilih Belanja Daring Saja!

Instruksi pemerintah untuk menghindari keramaian pasar tradisional dan modern guna mencegah virus corona (Covid-19) bisa membuatmu memilih belanja online.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 22 Maret 2020  |  19:14 WIB
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Konsumen memilih barang kebutuhan di salah satu gerai supermarket Giant di Jakarta, Minggu (23/6/2019). - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com JAKARTA - Belanja bahan makanan segar secara daring bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang menghindari tempat keramaian seiring dengan arahan social distancing.

Pemerintah telah memberikan arahan kepada seluruh jajaran pemerintah maupun swasta baik lembaga, korporasi maupun individu agar melakukan social distancing atau pembatasan jarak sosial.

Kegiatan berbelanja di pasar maupun supermarket dapat meningkatkan potensi penularan virus corona atau Covid-19. Untuk itu, masyarakat disarankan untuk tetap menjaga ruang gerak dan jarak saat berbelanja.

Berbelanja lewat toko online atau daring dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tengah melakukan isolasi diri. Harga yang ditawarkan cukup bersaing karena sebagian toko online menawarkan diskon.

Namun, Anda juga disarankan agar tetap rasional dalam berbelanja sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan agar menghindari panic buying.

Secara terpisah, Bisnis.com membuat rangkuman sejumlah situs dan aplikasi yang menyediakan layanan belanja daring. Beberapa di antaranya adalah

1. Sayurbox

Aplikasi ini menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti sayur mayur, buah, daging, seafood, makanan instan, dan makanan segar lainnya. Jangan lupa pesan beberapa hari sebelumnya karena tidak semua produk tersedia hari itu juga. Layanan Sayurbox masih sangat terbatas di daerah seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

2. Lemonilo

Nama ini pasti sudah tidak asing bagi yang mempraktikkan gaya hidup sehat dengan pilihan produk dan catering sehatnya. Hampir mirip dengan Sayurbox, Lemonilo juga menyediakan produk organik yang diproduksi sendiri seperti mie instan dan bumbu dapur. Anda juga dapat menentukan sendiri tanggal pengirimannya.

3. Alfacart

Siapa tak pernah berkunjung ke Alfamart. Anda bisa menemukan berbagai kebutuhan pribadi seperti peralatan mandi, beli pulsa, bayar listrik, dan kebutuhan lainnya. Barang bisa dikirim menggunakan jasa logistik.

4. Klik Indomaret

Toko online yang satu ini mirip sekali dengan pesaing di atas. Tak hanya kebutuhan pribadi, Klik Indomaret juga menyediakan perangkat gadget dan elektronik. Anda juga bisa memilih jasa logistik.

5. Hypermart

Salah satu brand supermarket besar ini memberikan pilihan pesan online dengan dimabil di toko maupun diantar ke rumah. Berbagai diskon menarik juga tersedia untuk menarik minat pembeli. Layanan ini tersedia di Pulau Jawa, Pulau Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

6. Happy Fresh

Online grocery ini menawarkan layanan belanja dari produk-produk yang dijual oleh sejumlah supermarket besar seperti Lotte Mart, Ranch Market, Farmers Market, Transmart Carrefour, The FoodHall, Grand Lucky, GIANT, HERO Supermarket, Tip Top, Super Indo, AEON, Papaya Fresh Gallery, Hokky Surabaya, Rezeki Fresh Market, Frestive dan Prima Freshmart. Layanan antar tersedia terbatas hanya di sekitar Jakarta, Depok, Tangerang, BSD, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Malang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hero supermarket supermarket
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top