Ilustrasi.
Health

Membaca Berita Corona Mendadak Meriang, Ini Kata Dokter

Miftahul Ulum
Senin, 23 Maret 2020 - 09:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Wabah virus corona (Covid-19) dan berita yang menyertainya membuat cemas, panik dan terkadang paranoid. Pendek kata, berita soal virus ini terkesan mengerikan.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Andri menjelaskan ketika membaca berita atau cerita tentang gejala virus corona tiba-tiba kita merasa tenggorokan agak gatal, nyeri, dan merasa agak meriang walaupun suhu tubuh normal.

"Itu wajar. Salah satu yang membuat reaksi ini bisa timbul adalah kecemasan kita yang dipicu oleh berita yang terus menerus terkait Covid-19," jelasnya dikutip dari akun twitter-nya, Senin (23/3/2020).

Dia menjelaskan amygdala adalah pusat rasa cemas sekaligus memori kita jadi terlalu aktif bekerja. Akhirnya kadang tidak sanggup mengatasi kerja berat itu.

Amygdala yang bekerja berlebihan ini juga mengaktifkan sistem saraf otonom secara berlebihan. "Kita jadi selalu dala kondisi fight or flight atau siaga terus menerus. Ketidakseimbangan ini yang membuat gejala psikosomatik muncul," tulisnya.

Salah satu cara untuk mengurangi gejala psikosomatik akibat amygdala yang terlalu aktif ini adalah mengurangi dan membatasi informasi terkait dengan Covid-19. Lakukan hal lain selain browsing, lakukan hobi yang menyenangkan dan sebarkan optimisme kita bisa lewati semua ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro