Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Membaca Berita Corona Mendadak Meriang, Ini Kata Dokter

Lakukan hobi yang menyenangkan dan sebarkan optimisme kita bisa lewati semua ini.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 23 Maret 2020  |  09:21 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bisnis.com, JAKARTA — Wabah virus corona (Covid-19) dan berita yang menyertainya membuat cemas, panik dan terkadang paranoid. Pendek kata, berita soal virus ini terkesan mengerikan.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Andri menjelaskan ketika membaca berita atau cerita tentang gejala virus corona tiba-tiba kita merasa tenggorokan agak gatal, nyeri, dan merasa agak meriang walaupun suhu tubuh normal.

"Itu wajar. Salah satu yang membuat reaksi ini bisa timbul adalah kecemasan kita yang dipicu oleh berita yang terus menerus terkait Covid-19," jelasnya dikutip dari akun twitter-nya, Senin (23/3/2020).

Dia menjelaskan amygdala adalah pusat rasa cemas sekaligus memori kita jadi terlalu aktif bekerja. Akhirnya kadang tidak sanggup mengatasi kerja berat itu.

Amygdala yang bekerja berlebihan ini juga mengaktifkan sistem saraf otonom secara berlebihan. "Kita jadi selalu dala kondisi fight or flight atau siaga terus menerus. Ketidakseimbangan ini yang membuat gejala psikosomatik muncul," tulisnya.

Salah satu cara untuk mengurangi gejala psikosomatik akibat amygdala yang terlalu aktif ini adalah mengurangi dan membatasi informasi terkait dengan Covid-19. Lakukan hal lain selain browsing, lakukan hobi yang menyenangkan dan sebarkan optimisme kita bisa lewati semua ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan Virus Corona
Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top