Begini Cara agar Fresh Graduate Bisa Nego Gaji Tinggi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang yang baru lulus layak mendapatkan gaji besar.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 25 Maret 2020  |  02:13 WIB
Begini Cara agar Fresh Graduate Bisa Nego Gaji Tinggi
Seorang pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) memperlihatkan berkas pendaftaran lamarannya untuk dikirim di Kantor Pos Besar Medan, Sumatera Utara, Senin (15/10). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Jagat sosial media sempat dihebohkan dengan cerita lulusan dari salah satu universitas yang menolak tawaran pekerjaan karena merasa gaji yang ditawarkan tidak sesuai ekspektasinya.

Sebetulnya sah-sah saja ketika fresh graduate menginginkan pekerjaan dengan bayaran tinggi. Namun, tentu saja kondisi ini harus disesuaikan dengan seberapa besar skill dan kemampuan yang dimiliki sehingga menjadi daya tawar yang membuat perusahaan rela memberi gaji besar kepadanya.

Dikutip dari rilis Jobstreet yang diterima Bisnis, Selasa (24/3/2020) ada beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang yang baru lulus layak mendapatkan gaji besar.

Salah satunya adalah ketika dia merupakan mahasiswa dari bidang ilmu yang hanya menghasilkan sedikit lulusan tetapi banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

"Misalnya Ilmu Teknik Nuklir, Oseanografi atau Statistika yang lulusannya masih sedikit, ditambah lagi masih sedikit universitas di Indonesia yang membuka jurusan tersebut, ini bisa menawar gaji tinggi," tulis keterangan yang diterima Bisnis, Selasa (24/3/2020).

Kondisi ini seperti layaknya hukum supply dan demand, makin sedikit barang yang beredar, maka akan makin mahal pula harganya.

Lantas, jika hanya lulusan dari fakultas yang dianggap "pasaran" apakah bisa memiliki posisi tawar yang tinggi?

Tentu saja boleh, tapi lagi-lagi ada faktor yang menentukan seseorang layak digaji besar oleh perusahaan. Salah satunya yaitu memiliki berbagai keahlian yang lengkap pada suatu bidang.

"Misalnya kamu adalah seorang akuntan yang dapat menguasai banyak software untuk akuntansi seperti Ms. Excel, MYOB, Zahir, dan lainnya. Atau kamu seorang Digital Marketing yang memahami penggunaan analytic tools untuk media sosial, mengerti SEO dan SEM, dan mampu menganalisa data-data."

Menurutnya, skill tersebut dapat dipelajari melalui internet atau saat magang di perusahaan yang nantinya akan ada diajari oleh senior.

Ketika seorang fresh graduate merupakan seorang kandidat yang mempunyai skill-set lengkap, tentu saja perusahaan berani memberikan gaji yang besar karena daya tawar tinggi yang dimiliki oleh calon kandidat.

Sekedar informasi dari Jobstreet bagi seorang fresh grad yang mengincar gaji besar, bisa melirik perusahaan-perusahaan berbasis teknologi seperti startup untuk mengambil posisi IT atau developer, atau mengikuti program Management Trainee di perusahaan besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pekerja, lowongan kerja

Editor : Yustinus Andri DP
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top