Ilustrasi kalung antivirus yang dijual di online shop/instagram
Health

Cek Fakta : Kalung Antivirus Efektif Tangkal Corona

JIBI
Selasa, 31 Maret 2020 - 07:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Belakangan, banyak cara dilakukan orang untuk menangkal virus corona.

Mulai dari mengonsumsi suplemen, vitamin, hingga memakai kalung antivirus.

Melansir dari situs Hong Kong Foreign Newspaper, kalung ini berasal dari Jepang. Berwarna biru, aksesoris yang dipakai di leher itu diklaim bisa melindungi penggunanya dari virus patogen selama 30 hari per produk.

Adapun, cara kerja kalung antivirus itu adalah dengan melepaskan konsentrasi rendah klorin dioksida untuk menghilangkan kuman dan virus di udara sekitar dengan jarak 1-2 meter. Beberapa artis di Indonesia, seperti Nagita Slavina, Ayu Ting-Ting, hingga Ruben Onsu juga terlihat menggunakannya.

Namun, benarkah kalung antivirus ini ampuh melindungi dari COVID-19? Profesor virologi dan imunologi di Universitas Southampton, Inggris, William Keevil, mengatakan hal tersebut tidak benar.

“Percayalah, kalung itu tidak memiliki efek apapun untuk menjaga kesehatan tubuh,” katanya, seperti dilansir dari situs Telegraph.co.uk.

Sebaliknya, bahan aktif klorin dioksida justru memberikan dapat buruk bagi tubuh.

“Kandungan pada kalung antivirus itu bisa menyebabkan sensasi mata terbakar hingga pernapasan dan kulit yang iritasi. Ini karena sifatnya yang sangat korosif,” ungkapnya.

Tak heran, Keevil pun kini meminta masyarakat hanya mengikuti imbauan pemerintah dalam menjaga kesehatan tubuh dari virus corona. Selain mengonsumsi makanan bergizi guna meningkatkan imunitas tubuh, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih pun wajib dilakukan.

“Jangan membuang uang untuk suatu hal yang belum diketahui kejelasannya karena saat seperti ini, banyak orang mencari keuntungan dengan embel-embel virus corona. Sebaiknya ikuti saja semua arahan pemerintah yang sudah pasti,” tegasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro