Ilustrasi orang berbelanja./Bloomberg
Fashion

Antisipasi Corona, Bersihkan Barang Belanjaan Sebelum Disimpan

Desyinta Nuraini
Senin, 6 April 2020 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penularan virus corona atau COVID-19 terbilang cepat. Sebab virus ini bisa hidup beberapa jam bahkan beberapa hari di permukaan.

Sebuah studi di New England Journal of Medicine baru-baru ini menemukan bahwa virus itu terdeteksi hidup pada plastik dan stainless steel hingga 72 jam, dan pada kardus hingga 24 jam. Tentu, hal ini menjadi kekhawatiran ketika anda harus berbelanja bahan makanan yang biasanya terbungkus atau membawanya dengan plastik dan kerdus.

Berikut tips menjaga bahan makanan yang dibeli tetap terbebas dari virus corona, dilansir dari Healthline.com :

1. Bersihkan barang belanjaan yang dibeli

Elizabeth L. Andress, PhD, seorang profesor makanan dan nutrisi di Universitas Georgia, mengatakan setidaknya anda harus mencuci tangan setelah membongkar dan menyimpan bahan makanan anda. Jika Anda khawatir tentang kemungkinan kontaminasi pada bahan makanan, anda bisa mencucinya.

"Beberapa orang mungkin memilih untuk mencuci kaleng dan kotak makanan sebelum menyimpannya untuk mengurangi kemungkinan konten virus," ujarnya.

Anda juga bisa membuang kemasan sekali pakai. Setelah selesai, Andress menyarankan agar anda mencuci meja, atau permukaan lain yang disentuh oleh bahan makanan atau tas belanjaan yang dibawa sebelumnya. Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah itu.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan jika menggunakan tas kain untuk membawa barang belanjaan, cuci dengan sabun di mesin dan keringkan sebelum digunakan kembali.

2. Bersihkan makanan seperti ahli bedah

Dr. Jeffrey VanWingen, seorang dokter keluarga yang berpraktik di Grand Rapids, Michigan, mengatakan bahwa salah satu pilihan adalah meninggalkan barang belanjaan di garasi atau teras selama setidaknya 72 jam untuk memastikan virus tidak hidup lagi di permukaan. Namun hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh sebagian orang.

Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin menerapkan "teknik steril" VanWingen menyarankan untuk membersihkannya dulu di luar rumah. Semua kemasan bisa disemprotkan disinfektan sebelum disimpan.

Atau, buang kemasan dan pindahkan ke dalam wadah bersih. Untuk buah-buahan dan sayuran, VanWingen menyarankan agar digosok dengan sabun dan bilas dengan air sampai sabun hilang.

Mengambil tindakan pencegahan terhadap bahan makanan setidaknya membantu anda menurunkan peluang terkena virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro