Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

Tips Lansia Tetap Aman di Dunia Maya

Akbar Evandio
Jumat, 24 April 2020 - 20:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manusia lanjut usia (Lansia) seringkali mengalami beberapa kesulitan dalam menggunakan alat-alat modern dibandingkan yang berusia lebih muda.

Selain itu, kerabat yang lebih muda dan tech-savvy kini tidak dapat membantu rutinitas mereka seperti biasa karena adanya penerapan jarak sosial dan pembatasan kontak fisik.

Untuk tetap dapat berkomunikasi dan melakukan pembelian barang, generasi usia lanjut kini lebih banyak menghabiskan waktu secara online untuk mencari tahu bagaimana teknologi bekerja.

Kenyataan ini menambahkan daftar tantangan yang berpotensi mereka hadapi, yaitu risiko keamanan siber.

Menurut survei  Kaspersky, sebanyak 46 persen orang yang berusia 55 tahun atau lebih tidak melakukan tindakan khusus untuk melindungi diri mereka secara daring.

Hal ini dapat menyebabkan informasi kredensial mereka dicuri atau disebarkan kepada pihak ketiga, karena generasi usia lanjut mungkin memiliki kesulitan untuk membedakan antara kesepakatan asli dan penipuan dari para aktor ancaman yang mencoba mengeksploitasinya.

Untuk membantu kerabat lanjut usia Anda tetap terlindungi online saat mereka berada di rumah selama masa karantina pandemi, Kaspersky merekomendasikan untuk mengambil langkah-langkah berikut:

Pertama, gunakan telepon dan video obrolan untuk membantu mereka dengan dukungan teknis dari jarak jauh.

Kedua, bagikan informasi penting mengenai situs web tempat mereka memesan makanan atau

Ketiga, mencari kebutuhan lainnya, atau pertimbangkan untuk membantu mereka memasukkan akun.

Keempat, Jelaskan bahwa mereka tidak boleh menggunakan kata sandi yang sama untuk lebih dari satu situs web atau layanan. Pertimbangkan mendukung mereka dengan alat pengelola kata sandi.

Kelima, mengkomunikasikan kepada mereka tentang bahaya phishing dan menanggapi tautan dalam email, media sosial, dan pesan SMS asing, untuk membantu menghindari penipuan saat melakukan transaksi perbankan dan berbelanja daring.

Keenam, Informasikan bahwa mereka harus menghindari penyimpanan detail kartu pada situs web yang telah dikunjungi

Ketujuh, Menyarankan untuk menggunakan layanan terpercaya seperti dari pemerintah atau agen-agen yang dibawahi mereka

Kedelapan, Instal solusi yang andal untuk berbagai ancaman - misalnya, Kaspersky Security Cloud- dan bagikan lisensi keluarga dengan kerabat lansia Anda. Solusi ini mencakup sistem praktis untuk berbagi perlindungan dan mengelolanya dari jarak jauh, serta memungkinkan pengguna dapat mengamankan perangkat dan melindungi privasi mereka dalam berbagai cara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro