Ilustrasi/Webmd
Health

Waspada, Ini Gejala Covid-19 pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 April 2020 - 10:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para ahli memperingatkan gejala corona virus atau covid-19 yang ditunjukkan pada anak-anak yang disebut 'Covid Toes'

Gejala ini berupa peradangan pada jari kaki yang membuatnya tampak memerah.

Dengan banyak kasus asimptomatik yang meningkat, para ahli semakin menemukan gejala yang lebih baru. Satu hal yang mengkhawatirkan para ahli adalah efek corona virus pada anak-anak.

Kasus terbaru corona virus terdeteksi pada bayi berusia 45 hari. Meskipun tingkat keparahan infeksi hanya ringan di kalangan anak-anak, dokter sekarang memperingatkan gejala yang dapat terjadi tanpa disadari pada anak-anak.

Gejala mengkhawatirkan, yang telah dijuluki 'Covid Toes' telah dipercaya sebagai gejala potensial baru yang diamati pada anak-anak yang dapat membantu menunjukkan sejauh mana COVID-19 dapat mempengaruhi anak-anak.

Gejala ini pertama kali diamati pada anak-anak yang dites positif virus corona di Italia, Eropa. Banyak ahli kulit menemukan bahwa gejala tersebut menyebabkan peradangan di jari-jari kaki, dan beberapa perubahan warna di dalam dan sekitar bagian jari kaki.

Setelah penemuan itu muncul di bagian Italia dan bagian Eropa lainnya yang terkena dampak, banyak orang tua dan dokter sekarang menyaksikan gejala yang sama di beberapa bagian Amerika, di mana ada peningkatan tajam dalam kasus.

Anak-anak yang menunjukkan gejala yang sama diberikan tes infeksi corona virus. Karena anak-anak dengan gejala yang terkena sebagian besar tidak menunjukkan gejala yang terkena COVID-19 lainnya, penemuan ini telah membingungkan banyak ahli medis di seluruh dunia.

Ada juga utasan twitter yang sekarang sedang viral, yang banyak menulis tentang gejala potensial dan efeknya. Jika 'Covid toes' muncul sebagai gejala baru, itu membuat kasus untuk transmisi asimptomatik menjadi lebih menakutkan dan berbahaya.

Di masa lalu, gejala atipikal lainnya seperti kehilangan indera pencium atau rasa, mata merah ditemukan umum pada orang yang tidak menunjukkan gejala umum.

Hubungan antara peradangan dan corona virus Terlepas dari gejala yang mempengaruhi saluran pernapasan Anda (seperti flu, demam, sakit), virus COVID-19 menyerang kekebalan Anda.

Kekebalan yang terganggu dapat menyebabkan pembekuan darah mendadak, kontraksi, pembengkakan dan peradangan pada orang yang sakit kronis, memiliki kondisi medis yang mendasarinya atau termasuk dalam kategori berisiko tinggi.

Untuk alasan yang sama, orang yang menderita diabetes telah diminta untuk mempraktikkan kebersihan kulit dan sanitasi yang baik untuk mencegah segala bahaya dan luka, yang mereka cenderung rawan. Penelitian masih berlangsung untuk mengesampingkan gejala potensial lainnya yang mungkin belum diketahui oleh kita sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro